Tuesday, May 20, 2014

Menggambar

Mencorat coret di atas alas kertas adalah kebiasaan saya dari dulu. Bermula dari jaman 3 SMP di mana saya sangat suka baca komik, maka mulailah saya meniru gambar-gambar tersebut. Gambar kararkter Jepang sangat mudah ditiru. Maka mulailah saya menggambar dengan metode plagiatism bin autodidac, karena tidak ada yang mengajarkan kepada saya. Modal sotoy belaka dan hobi membaca komik.

Awalnya saya menggambar dengan pose yang sangat tidak oke, namun saya merasa  gambar saya keren gilaak. Maka saya pun suka iseng membuat plot komik sendiri dengan cerita yang saya karang sendiri. Dengan modal tehnik gambar yang minim, perlengakapan yang seadanya maka saya mulai menmvuar komik. Ada pun media yg biasa saya gunakan adalah di buku tulis kosong, atau kertas HVS milik Bapak saya. Sudah berapa kali entah saya kena omel Bapak dan Ibu saya karena tukang ngabisin kertas. Menggambar bukan merupaman hobi yg bermanfaat, begitu pikiran Ibu saya pada masa itu *mungkin setelah ngeliat gambar saya akhirnya ngomong begitu wkwkwkwk

Setiap liburan sekolah maka saatnya saya membuat komik. Saya bisa betah sekali di dalam kamar dengan buku tulis pensil dan karet penghapus. Dari yang bentuk mukanya agak aneh lama kelamaan terasah jadi agak lumayan. Hingga akhirnya saat SMA gambar saya sudah cukup oke lah kalau disuruh bikin ilustrasi di mading *ini juga tetep sih gak ada yang ngajarin.

Saat SMA sebenernya ada ekstrakulikuler BAC namanya. Bulungan Art Club. Itu adalah komunitas yg suka dengan seni baik menggambar,  melukis dan lainnya. Saya ngiler banget pengen masuk ekskul itu. Namun berhubung jarak sekolah ke rumah cukup jauh dan kegiatan ekskul diadakan selepas pulang sekolah, maka praktis saya batal masuk BAC. Kalau pulang setelah maghrib saja saya bisa jam 9 baru sampai rumah. Gimana kalau tiap hari, moncos saya di bis kota.

Hobi gambar saya ini tetap saya realisasikan, biasanya jika saya bosan, ngantuk, atau stress hehhee. Tak heran kalau ujian saat SMA, maka lembar soal saya penuh coretan gambar. Bahkan lembar kertas buram untuk coret-coretan ujian Matematika dan Fisika pun jadi korban coret-coretan gambar saya.

Tak ada perubahan saat kuliah. Pun saya tetap senang menggambar. Sampai akhirnya ada lomba karikatur bertema Hukum yang diikuti oleh mahasiswa hukum selurub Indonesia. Acara ini diadakan oleh BEM FHUI yang tidak lain adalah fakultas saya. Pada masa itu saya masih anak baru dan belum berniat masuk BEM. Maka tak ada salahnya saya mengirimkan hasil karya menggamvar saya dengan plot tentang korupsi.
Tidak saya duga, ternyata saya memenangkan lomba itu di urutan juara 2. Yehehhehehhhee. Yang makin tidak saya duga ternyata dapet hadiahnya senilai Rp. 2.500.000. Uang yang cukup banyak saat jaman saya kuliah. Itu sih uang jajan saya 4 bulan! Alhamdulillah. Karena adegan menang lomba karikatur itu maka persepsi Ibu saya jadi bergeser, ternyata menggambar ada hasilnya juga hehe.

Alhasil adik-adik saya juga dibolehkan untuk corat coret sana sini di kertas. Memang beberapa dari kami ada darah seni siih *pedeee. Agak menyesal kenapa tidak pernah ambil kursus kesenian atau meneruskan jenjang pendidikan seni. Pasti akan lebih menyenangkan yaa kalau belajar sesuai dengan minat :D Sebenarnya lumayan banyak contoh gambar saya, tapi saya kasih sample gambar saya wktu bosen yaaa :D

Gambar jaman SMA
Ini gambar komik Great Dishes jaman SMA
Gambar Komik Gals jaman SMA
Gambar komik DNA jaman SMA juga
Senggang banget jaman gw SMA hahhaa
Gambar di aplikasi paint. Susah sih gerakin mouse-nya, maklum manual
Edisi Paint juga :D

Cakes!
Edisi lagi happening bange Eyeshield
Edisi Ulang Tahun
Edisi Gak ada ide
Edisi abis nonton dorama jepang, Akai Ito (Benang Merah)
Edisi Pohon Gak Jelas
Edisi Cinta Lingkungan
Edisi Pengen banget liat salju
Edisi pengen banget makan strawberry shortcake
Edisi permintaan temennya putro buat gambar karikatur
Mimpi jadi designer ala-ala

No comments:

Post a Comment