Wednesday, August 13, 2014

Packing List Barang Bawaan Traveling

Berencana traveling ke luar negeri, pasti tidak mau ketinggalan barang bawaan yang sudah dipersiapkan. Nah, saya akan share list barang bawaan yang penting dan perlu dipersiapkan serta tips barang bawaan untuk traveling ke luar negeri.

DOKUMEN.
1. Paspor
2. KTP atau ID lain
3. Itinerary perjalanan
4. Itinerary tiket pesawat
5. Bukti pemesanan hotel
6. Serta dokumen dokumen lain yang kiranya dibutuhkan

Tips : Silakan fotocopy dokumen tersebut dan berikan kepada travelmate kita. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di sana, maka persiapkan cadangannya. Begitu pula dengan travelmate kita, dokumen copy miliknya akan kita simpan. Bukan hanya hardcopy, tapi scan semua dokumen tersebut dalam bentuk softcopy dan masukkan dalam email. Hal ini untuk jaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

UANG.
1. Mata uang setempat
2. ATM (Mastercard/ Visa)
3. Kartu Kredit

Persiapkan mata uang negara tujuan sejak keberangkatan. Hitung pengeluaran apa saja yang dibutuhkan secara seksama untuk menghindari kekurangan uang atau malah pemborosan uang. Jika kamu memiliki uang dalam bentuk dollar maka bisa dibawa untuk jaga-jaga. Uang bukan hanya dalam bentuk kertas atau koin namun bisa juga ATM. Jika nanti kekurangan uang .kamu bisa mengambil di mesin ATM negara sana, gunakan yang ada logo Master Card. Kartu ATM BNI bisa dipergunakan dengan charge 35.000 sekali transaksi.

Tips : Jika kamu membawa mata uang setempat dan sudah memperhitungkan biaya yang akan dikeluarkan selama bepergian, maka saran saya adalah tidak menempatkan seluruh uang dalam satu tempat (dompet). Bagilah uang tersebut menjadi 3 bagian dan letakkan dalam 3 tempat yang berbeda. Misalnya di dalam dompet, di dalam koper dan di dalam ransel. Usahakan letakkan di posisi yang aman. Pembagian uang ini dalam rangka tindakan preventif ketika salah satu barang kita hilang, kamu masih memiliki persediaan uang yang lain.

PETA.
1. Buku pedoman negara tersebut
2. Peta kota secara keseluruhan
3. Peta transportasi
4. Peta lokasi-lokasi wisata

Tips : Jika kamu memiliki buku panduan traveling ada baiknya dibawa. Biasanya buku panduan traveling jg menyediakan peta transportasi seperti stasiun MRT atau BTS, bahkan peta lokasi wisata. Jika kamu tidak punya, jangan khawatir, kamu bisa mendapatkannya ketika sudah sampai di lokasi negara tujuan. Ketika kamu sampai di Airport, maka yang harus kamu cari selain pintu keluar adalah pusat informasi. Di sana kamu bisa mendapatkan peta dan buku panduan secara gratis. Saran saya ambil lebih dari satu (toh gratis kan). Siapa tahu hilang atau rusak, maka kamu masih memiliki persediaannya.

BAJU.
1. Baju atasan
2. Jeans/ Bawahan
3. Pakaian Dalam
4. Pakaian Tidur

Tips : Bawalah baju secukupnya dan tidak berlebihan. Ketika bepergian jauh, maka yakinlah bahwa kamu seharian akan menggunakan baju yang sama. Ketika malam baru menggunakan baju tidur. Jika kamu ada perjalanan menggunakan bis malam, maka yakinlah kamu akan tidur dengan baju yang sama, yang kamu pakai tadi pagi. Kamu tidak membutuhkan baju tidur. Perhitungan baju ini disesuaikan juga dengan medan lokasi traveling kamu. Jika kamu berniat pergi ke daerah yang butuh jalan kaki banyak, akan tidak cocok jika memakai dress yang merepotkan. Jika kamu ke tempat yang agak dingin, maka gunakan pakaian yang agak tebal. Jika hostel menyediakan tempat menjemur, maka bisa kamu pergunakan untuk mencuci dan menjemur pakaian kamu.

ELEKTRONIK dan PERKABELAN.
1. HP
2. Kamera
3. Powerbank
4. Charger Kamera
5. Charger HP
6. Charger Powerbank
7. Colokan Cabang
8. Colokan Universal
9. Tongsis

Tips : Gunakan pocket kamera karena lebih ringan dan memudahkan ketimbang membawa kamera DSLR yang cukup berat dan memakan tempat. Namun jika kamu mau hasil yang lebih bagus dan suka fotografi tidak masalah jika membawa kamera DSLR dan perlengkapannya. Colokan cabang dipergunakan untuk cas HP dan Kamera dalam waktu yang bersamaan. Colokan universal adalah colokan yang digunakan di negara tersebut. Misal di Singapore dan Malaysia menggunakan colokan lubang 3, berbeda dengan Indonesia yang menggunakan colokan lubang 2. Maka, kamu membutuhkan colokan universal dengan ujung 3 namun berlubang 2 sehingga bisa dipergunakan untuk peralatan colokan Indonesia.

FOOD DRINK.
1. Tempat Makan
2. Tempat Minum 500-1000ml
3. Sendok Traveling

Tips : Traveling memang identik dengan kuliner, kita bisa mencari makan sepanjang waktu di negara tersebut. Namun membawa tempat makan agaknya menjadi hal yang bermanfaat juga. Jika perjalanan berangkat cukup lama, maka kamu bisa membawa bekal dari rumah yang dimakan ketika sampai di tempat tujuan, terlebih jika kamu tidak ada waktu untuk membeli makanan. Kotak makan juga bisa dipergunakan untuk membawa kelebihan makanan atau bekal untuk perjalanan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Tentunya ini akan lebih menghemat pengeluaran. Ketika pulang, kotak makan juga bisa dipergunakan untuk meletakkan barang barang bawaan kecil. Intinya sih kamu harus rajin cuci kotak makan yaaa selepas dipakai. Bawalah serta tempat minum ke mana pun tujuan kamu, karena kamu akan sangat membutuhkannya. Jika habis, maka tersedia banyak isi ulang minum gratis. Jangan membeli mineral water, harganya super mahal dibanding di Indonesia (kecuali kalau kepepet).

PERALATAN MANDI.
1. Handuk ukuran kecil
2. Sabun Cair kecil
3. Sikat gigi
4. Shampo Sachet
5. Pasta gigi
6. Deodorant
Tips : Gunakan handuk ukuran kecil untuk menghemat isi koper, biasanya di hotel akan disediakan handuk juga. Jika kamu memiliki travelmate, maka bisa sharing alat mandi. Misal kamu membawa pasta gigi dan shampo sedangkan travelmate kamu membawa sabun cair.

MAKE UP.
1. Kapas
2. Olive oil sedikit
3. Facial wash kecil
4. Lotion anti UV kecil
5. Bedak
6. Lip balm
7. Eyeliner
8. Peniti, jarum, bros
9. Ikat rambut atau jepitan

Tips : Jika kamu mempunyai special treatment untuk wajah, maka pindahkan ke wadah kecil. Bawa peralatan make up standar saja, jangan rempong cyin. Kamu mau traveling sih, bukan mau pemotretan. Tempatkan jarum, peniti dan bros dalam satu wadah.

OBAT-OBATAN.
1. Koyo
2. Hansaplast
3. Tolak Angin
4. Obat Pusing
5. Obat Demam
6. Obat Diare
7. Freshcare/ Minyak kayu putih
8. Obat-obatan pribadi lainnya

Tips : Bawa secukupnya, kamu mau traveling dalam waktu singkat bukan mau buka praktik dokter kecil kan :P Tadi itu adalah penyakit yang mungkin muncul di negara orang. Bawa obat dari negara sendiri, kalau di sana belum tentu cocok. Belilah koyo ukuran besar dan lentur. Sangat membantu ketika kaki pegal dan rasanya mau somplak setelah seharian berjalan kaki.

TAMBAHAN.
1. Tissue Basah
2. Tissue Biasa
3. Mukena dan Sajadah kecil
4. Pembalut (mungkin jatahnya menstruasi saat traveling)
5. Notes kecil
6. Pulpen
7. Sandal Jepit
8. Kaos Kaki
9. Jaket
10. Goodie bag
11. Plastik (minimal bawa 2 plastik besar)
12. Plastik bening kecil untuk barang-barang berharga agak tdk basah
13. Payung
14. Topi / Kacamata 

Tips : Bawalah serta tissue basah dan tissue biasa di ransel sehari hari kamu, karena penting untuk digunakan. Traveling bukan berarti lupa ibadah ya, bawa mukena jangan lupa. Jika bepergian jauh boleh loh shalatnya di jamak. Meski jaman sudah canggih apa-apa ditulis di HP, bukan berarti pulpen tidak penting. Pulpen akan dipergunakan sewaktu-waktu dibutuhkan misalnya untuk pengisian borang fiskal. Jika kamu pergi menggunakan sepatu, maka ada baiknya kamu membawa sendal jepit nyaman yang bisa dipergunakan untuk basah-basahan. Kaos kaki selalu dipakai jika kamu menggunakan sepatu baik sepatu sport maupun flatshoes bahkan crocs sekalipun. Selain menghindari belang kaki, kaos kaki juga mencegah luka lecet pada haki karena seharian berjalan kaki. Kaos kaki jg bisa dipergunakan malam hari ketika suhu turun.

CATATAN PENTING
- Bawa koper ukuran kabin agar bisa dimasukkan ke dalam kabin pesawat
- Packing barang bawaan super efisien tempat. Saat berangkat, usahakan posisi setengah kosong setengah terisi. Karena pada saat pulang kamu akan mengisi setengah kosong koper kamu dengan oleh-oleh.
- Gunakan lock key untuk koper
- Gantung tanda pengenal koper dan sertakan alamat dan kontak kamu jika koper kamu hilang.

"Packing adalah gerbang menyenangkan dari Traveling". -Noni Halimi

Selamat Packing ya!

3 comments: