Sunday, December 14, 2014

Sabha Widya Wisma Makara UI, Memorable Venue

Memilih venue adalah langkah awal bagi para calon manten tepat setelah mendapatkan ijin menikah dari kedua orang tua. Bagaimana tidak, ketika venue belum dapat, kita tidak bisa menentukan tanggal pernikahan, berujung kepada tidak bisa daftar KUA karena harus menuliskan tempat dan tanggal pernikahan juga untuk lokasi pengajuan KUA berdasarkan lokasi venue, demikian halnya tidak bisa cetak undangan.

Mencari venue untuk melangsungkan acara pernikahan susahnya mirip-mirip nyari jodoh. Memang cocok-cocokan atau rejeki-rejekian. Banyak rekan saya sesama calon manten yang sibuk juga mencari venue, pas pihak cewe sudah oke ternyata pihak cowo enggak, pas kedua pasangan oke ternyata orang tua nggak setuju di tempat itu, pas keluarga kita sudah oke ternyata keluarga pihak pasangan yang tidak sreg. Giliran udah sreg dan setuju semua di sana eh harganya gak sesuai budget. Giliran harga udah sesuai budget eh ndilalah bulan yang kita mau sudah full booked. Ya salaaamm.. puk-puk calon-calon manten, cobaan nyari venue memang rata-rata begitu, sabar yah.

Pertama kali saya survey venue karena pilihan orang tua saya, yakni Balai Komando yang terletak di komplek kopasus Cijantung, Jakarta Timur. Saya dan keluarga saya sudah sangat familiar dengan lokasi tersebut, secara kami bocah-bocah sekolah dari TK itu di Cijantung. Tempatnya luas dan area parkir pun memadai. Tak ambil pusing, saya dan Mas langsung menuju ke Balai Komando. Sampai di sana ternyata ada acara pernikahan juga. Kami masuk ke ruang administrasi untuk tanya info soal penyewaan Balai Komando. Harga sewa Balai Komando untuk tahun 2015 adalah 10 juta rupiah dan ada kemungkinan untuk naik saat tahun baru nanti. Jadi memang lebih baik booking dan DP dari beberapa bulan sebelum awal tahun. Ketika awal tahun memang akan selalu ada kenaikan harga sewa gedung untuk pernikahan.

Saat mau booking tentunya akan ditanya acaranya bulan apa? Saya dan Mas langsung bingung karena memang kami belum fiksasi bulan pernikahan. Wong kami hanya survey kok. Tapi iseng Mas bilang awal tahun, Januari atau Februari. Rencana pernikahan kami memang awal tahun Januari-Maret. Ternyata hanya beberapa tanggal saja yang kosong, banyak yang sudah dibooking. Untuk acara siang maupun malam banyak yang request.

Memang Balai Komando termasuk venue yang populer di daerah Jakarta Timur dan sekitarnya sih. Untuk DP, ternyata di sini tidak langsung bayar DP lho. Agak aneh ketika kami booking tanggal tapi belum bayar DP, malah disuruh obrolin dulu sama pihak orang tua dan keluarga. Kan menuh-menuhin catetan mereka saja kalau ada orang-orang yang hanya asal booking saja. Kemudian, Balai Komando mengharuskan penyewa menggunakan catering rekanan yang bekerjsama dengan mereka. Catering yang mereka tawarkan kurang lebih ada 8 rekanan, dan saat saya lihat brosurnya...jeng jeng...keliatan mewah banget. Tak pelak pasti harganya juga 'wah' alias mehong.

Rencananya kami akan menggunakan catering yang sudah saya pilih, bukan rekanan gedung, harganya sangat sesuai dengan budget kami. Namun sayang, Balai Komando akan mengenakan charge yang cukup besar untuk catering non rekanan. Nah, jadi saya harus cari venue yang tidak menerapkan charge untuk catering non rekanan.

Pulang dari survey Balai Komando kami galau charge catering, kami agak keberatan karena tidak bisa pakai catering luar rekanan. Catering yang akan kami pilih insya Allah sudah fix. Jadi PR kami adalah mencari venue yang tidak mengenakan charge kepada kami jika memakai jasa catering luar rekanan. Rejeki datang dari arah yang tidak diduga-duga, saat saya sedang mengobrol venue nikahan dengan rekan kerja saya, yang namanya juga Rejeki, hihi Rejeki Dwi Rahayu. Saya mendapat ide venue yang sempat terlupa dari otak saya. Ia berencana menggunakan venue Wisma Makara Gedung Sabha Widya di Universitas Indonesia. Lhaaa kok nggak kepikiran ke UI yah, padahal dekat dari rumah. Saya langsung sumringah dan semangat banget weekend segera melipir ke UI. Wong dari rumah ke UI cuma secipritan jaraknya.

Harga sewa Gedung Sabha Widya untuk tahun 2015 adalah 14juta rupiah, belum termasuk sewa genset. Harga tersebut berlaku untuk sewa gedung selama 8 jam sepuasnya. Kami bisa menggunakan gedung ini tanpa khawatir ada adegan "pengusiran" dari pihak gedung. Sering terjadi di gedung yang ada limit jam pemakaian adalah adegan beres-beres properti ketika masih banyak tamu keluarga yang sedang makan. Rasanya agak gimana gitu, masih banyak tamu keluarga yang ngobrol namun pihak gedung sudah mulai beres-beres merapihkan semuanya dengan alasan akan segera digunakan untuk pernikahan malam hari. Alhasil jadi buru-buru makan dan ngobrolnya. Belum lagi pihak gedung yang biasa menambahkan charge pemakaian gedung apabila melewati dari waktu yang telah mereka tentukan.

Lokasi gedung ini ada di Jl. Prof Dr. Miriam Budiardjo yang berada di dalam Kampus Universitas Indonesia, dekat dari Asrama Mahasiswa UI. Selain itu di gedung Widya Makara UI ini bersebelahan dengan Wisma Makara UI, penginapan yang bisa kami pakai untuk pihak keluarga yang datang dari luar kota. Kebetulan keluarga besar saya banyak dari luar kota sehingga akses penginapan dekat dengan venue adalah syarat mutlak. Dari segi harga memang cukup mahal, untuk ukuran luas sih standar, tempat pelaminan juga tidak bisa terlalu besar, namun lampu hias di tengah ruangan dan langit-langit yang cukup tinggi membuat gedung tersebut terasa agak luas. Lapangab parkir pun unlimited alias luas banget sepuasnya pakai area kampus. Hal lain yang menjadi pertimbangan kami adalah akses dari rumah saya dekat, lokasinya mudah ditemui (karena di dalam Kampus Universitas Indonesia) dan memorable venue untuk kami berdua yang notabene-nya almamater kampus ini.

Kampus UI memang menyimpan banyak kenangan untuk kami berdua. What a best venue for us! Kami langsung menanyakan sisa waktu available di bulan Januari, Februari dan Maret untuk hari Ahad. Ternyata masih ada beberapa tanggal. Kami cukup khawatir full, karena venue ini hanya memyediakan 1 acara dalam 1 hari. Kebayang kalau banyak yang minat bisa full. Alhamdulillah saya dapat 2 tanggal di bulan Februari dan 2 tanggal di bulan Maret. Saya dan Mas langsung mengajukan ke orang tua saya untuk 4 tanggal tersebut. Alhamdulillah mereka menentukan bulan Februari, katanya kalau Maret kelamaan (padahal cuma beda sebulan, sing kebelet kawin iki sopo tho yo hehehe).

Kami resmi DP untuk tanggal tersebut dengan transfer ke rekening BNI. Alhamdulillah negosiasi juga hanya melalui BBM saat saya lagi sibuk kerja di kantor, gak ada itung-itungan hari baik ala jawa tempo dulu. Menurut saya agak disayangkan jika niat baik pernikahan menyempurnakan sebagian iman mesti ada campur tangan hitunngan jawa klenik seperti itu. Dalam Islam tidak pernah mengajarkan itung-itungan tanggal baik pernikahan. Islam hanya mengajarkan hari terbaik untuk menikah adalah Jumat, karena Rasulullah menikah pada hari Jumat. Selain itu ada juga bulan-bulan terbaik untuk melangsungkan pernikahan menurut sunah, bukan hitungan Jawa. 

Venue Alhamdulillah sudah booked. Memang venue pernikahan itu kayak rejeki. Kalau memang kami ditakdirkan untuk menikah di sana, pasti akan ada jalan untuk booking. Saya hanya survey 2 venue pernikahan, jadi tidak bisa banyak share di sini. Saran saya untuk calon manten yang sibuk urus venue adalah tentukan dulu venue yang akan dipilih dari segi lokasi, biaya, dan fasilitas. Jika sudah ada tentukan saja dulu 3 tempat yang akan di survey, jangan terlalu banyak. Makin banyak tempat yang ingin disurvey akan semakin pusing. Kalau ketiga tempat itu tidak ada yang sreg, baru cari lagi 3 tempat lain.

Jika tidak sempat survey lokasi, sempatkan waktu unntuk browsing cari informasi, karena banyak kok calon manten yang review mengenai venue yang sudah mereka survey. Kalau tidak sempat juga untuk datang, kamu bisa cek availability atau ketersediaan waktu venue tersebut di hari apa saja, bulan apa saja melalui telepon. Karena jaman sekarang memang kita yang mengikuti jadwal gedung sih, mereka kosong tanggal berapa saja. Agak susah jika kita yang menentukan tanggal terlebih dahulu, kemudian mencari venue yang kosong pada tanggal tersebut. Kalau pas lagi kosong di tanggal yang kita mau ya syukur Alhamdulillah. Namun saya tidak menyalahkan yang berstrategi seperti itu, seperti yang saya tulis di atas bahwa dapet venue sesuai harapan itu rejeki. Dan rejeki tidak akan salah antar, ia akan datang ke orang yang tepat. Jangan lupa senantiasa berdoa ya calon manten, semoga segera dapat venue paling oke. Aamiin

Aula Gedung Sabha Widya saat acara pernikahaan saya
Fasilitas :
[+] Aula seluas 20 meter x 30 meter
[+] Kurang lebih menampung 800 - 1000 orang.
Tapi saat pernikahan saya tamu yang datang 1300an bisa ketampung semuaFree 100 kursi tanpa cover
[+] Dua ruang rias untuk pengantin yang cukup luas
[+] Sound system dalam gedung. Cek dan koordinasi dengan PIC Sound System.
[+] Free parking area gedung dan sekitar gedung sepuasnya
[+] Free 1 kamar pengantin untuk 1 hari
Saya ambil H-1 sebelum acara, lumayan bisa dipergunakan untuk simpan barang-barang yang dibutuhkan untuk hari H, seperti barang-barang seserahan, souvenir, dan perlengkapan rias dari catering
[+] Tidak ada biaya tambahan jika menggunakan catering luar rekanan
[+] Jika ingin menyewa kolam renang maka dikenakan biaya tambahan
[+] Waktu penyewaan gedung satu hari full tanpa batas. Sabha Widya hanya menyewakan kepada satu orang dalam satu hari sehingga tidak perlu khawatir bergantian dengan orang lain di hari yang sama

15 comments:

  1. ada kolam renang nya jugaaa Looh.... hahaha :)
    udah lama ga mampir ke UI euy.
    hhmm...

    ReplyDelete
  2. mb noni msh pny CP yg widya makara nggak? makasi yaa..

    ReplyDelete
  3. Hai mba Noni, kalau boleh tau nama cateringnya apa? Terimakasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo mba :)
      Namanya Griya Dara Wedding Package, saya sudah review juga kalau butuh referensi :)

      http://nonihalimi25.blogspot.co.id/2015/07/review-catering-griya-dara-wedding.html?m=0

      Delete
  4. Mbak noni, wisma makara ui masuk kedalam wilayah KUA mana ya? Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mbak Ratna, Wisma Makara masuknya ke KUA Beji, Depok Mbak :)

      Delete
    2. Alhamdulillah sama dengan domisili :)
      Terima kasih ya Mbak Noni

      Delete
  5. Mba noni salam kenal, boleh tahu pricelist untk cateringnya mnta tlng d email ke lailatulqory@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Siang mba cantik, waktu ke balai komando kena charge berapa ya kalau pake catering dari luar? yang rekanannya mereka apa mba masih inget nama"nya?
    terimakasih
    salam kenal

    ReplyDelete
  7. Trim's artikelnya sangat bermanfaat, ditunggu artikel berikutnya ya, dan terus berkarya. kita bangun bangsa ini dan terus isi kemerdekaan. Merdeka

    ReplyDelete
  8. mba, kmrn mba pke gensetnya juga ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba mohon maaf late respon. Iya saya sekaligus sewa genset juga 4jt mbak. Boleh kl bawa genset atau pesan di tmpt lain, tp saya takut repot koordinasinya, jd sepaket aja diurus sama Sabha Widya

      Delete
  9. Mba boleh minta id line ngga?
    Mau nanya2 ttg persiapan pernikahan.
    Makasi Mbaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mbak, bisa ke nonihalimi ya :)

      Delete
  10. Gedung Murah Full karpet + lampu gantung sudah all in package tggl siapkan souvenir dan undangan .. daerah tb simatupang akses tol parkir bisa menampung 800 mobil ! info lanjut 087881656581 anggun

    ReplyDelete