Sunday, May 25, 2014

Sepeda Kuning

Sepeda Kuning atau biasa disingkat Spekun oleh orang orang yang biasa menyingkatnya, kalau saya sih enggak---adalah salah satu fasilitas yang diberikan oleh pihak kampus UI kepada mahasiswa untuk olahraga. Jalanan sepeda pun tidak tanggung-tanggung, dibangun dengan apik, tentu bukan pengeluaran yang sedikit. Rutenya dibuat mengelilingi kampus UI yang super lebar itu, segala masuk hutan juga ada rutenya. Fasilitas ini sangat diminati oleh civitas akademika UI, soalnya gratis. Bisa dipakai sepuasnya. Caranya hanya dengan mendatangi halte-halte Sepeda Kuning, di setiap Fakultas pasti ada, juga di tempat-tempat strategis lainnya. Kemudian tunjukan Kartu Tanda Mahasiswa UI yang kuning genjreng itu, berikut foto kece nampang. Setelah itu dapet deh sepedanya.

Animo mahasiswa saat Sepeda Kuning ini baru diluncurkan pun sangat besar. Mereka rebutan menggunakan sepeda itu. Padahal sepeda yang disediakan juga cukup banyak, ratusan unit. Jadwal pemakaian sepeda adalah dari pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 16.00. Sepeda dikembalikan lagi ke halte pemberhentian sepeda, di mana saja. Namun karena tingginya minat mahasiswa akan sepeda ini, terkadang kami rela nunggu di halte untuk jaga-jaga kalau saja ada yang mengembalikan sepeda. Bahkan kalau ada yang lewat sengaja kami liatin, siapa tau dia ngerasa kasian terus naro sepedanya deh *ngarep. Hahaha.

Kami juga biasanya berangkat naik sepeda itu ramai-ramai alias rombongan, paling tidak ada 5 orang lebih. Nunggu sepeda kosong berbarengan 5 unit kan susah. Kalau ada yang sudah dapat sepeda, minggir dulu, tidak berangkat sampai keseluruhan dari kami dapat sepeda semua. Akibat perjuangan dapetin sepeda yang cukup sensasional, jadi kalau kami sudah naik sepeda, tidak rela untuk mengambil rute singkat, kami ambil rute terjauh mengelilingi UI. Bahkan kalau kami hendak membeli minuman dulu di kantin, itu sepeda bergantian dijaga hahahah, gak rela dibalikin.

Waktu senggang yang paling banyak saya gunakan untuk hura-hura seperti naik sepeda keliling kampus adalah jaman-jaman skripsi. Abis bimbingan dikit, melipir ke halte, senggang karena sudah tidak ada mata kuliah lagi. Wuiih luang banget waktunya, terlebih lagi jaman-jaman selesai sidang dan menunggu wisuda itu dewa banget senggangnya. Justru saya rajin ke kampus hanya sekedar bermain sepeda. Rute favorit saya adalah naik dari halte belakang Mesjid UI, kemudian melewati belakang Fasilkom FIB lalu ke arah Science Park, Balairung, kemudian lurus terus ke arah Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Matematika dan IPA. Setelah itu kami melewati menara ini, ini salah satu spot favorit saya, ada tanjakan tinggi dan lanjut turunan curam yang sangat asik. Saya hanya sekali kayuh agak cepat, kemudian lepas pedal, maka sepeda akan meluncur dengan sendirinya tanpa saya kayuh. Setelah itu kaki mulai berasa berat  hehehe.

Lanjut ke arah Pusgiwa, lalu tembus ke Fakultas Teknik, terkadang kami juga suka berhenti untuk ajang foto-foto. Sayang jaman dulu belom ada tongsis, kalau ada pasti lebih seru. Lanjut lagi Fakultas Ekonomi dengan jalur masuk pinggir hutan, lalu FIB dan Fakultas Psikologi. Sampailah kami di Bundaran UI. Yeaaahh. Belum selesai samai di situ, kami mengayuh lagi sepeda kami ke arah Asrama UI.

Jalan dari Kober menuju Asrama akan melewat Balhut atau Hutan UI yang terdapat tulisan Universitas Indonesia berserta danaunya. Jalur menuju ke sana sangat seru, inilah the best spot ever, turunan menuju bawah tulisan Universitas Indonesia. Ngebut abis, biasanya kami sembari teriak, dan saling komunikasi agar jaga jarak pada saat meluncur. Woooohooo!! sampai bawah biasanya kami foto-foto (lagi). Seperti biasa, ada turunan tajam sudah pasti ada tanjakan gak manusiawi. Asli kaki udah berasa pegelnya suruh ngayuh sepeda dengan kemiringan kurang 45 derajat. Eddiiiaan. Biasanya kami memapah sepeda kami hahahha.

Sambil terseok, kami lanjut semangat empat lima ke arah asrama dan FINISH!! Kami tergeletak di halte akhir perjalanan kami, yakni halte asrama. Haus, basah kuyup keringat dan kaki super pegal membawa kami masuk kantin asrama untuk makan sore (apa hubungannya, laper juga sih).

Sudah lulus begini jadi kangen masa-masa naik sepeda kuning ramai-ramai dan foto-foto, aah one of my best memories in college yaaa :D