Tuesday, May 27, 2014

Asinan Mangga

Lanjut lagi postingan soal rujak, saya teringat mangga yang bergerombol menggiurkan di pohon mangga....... tetangga saya *kirain pohon mangga saya? Bukan, punya tetangga, soalnya saya nggak punya pohon mangga :( brb manjat pohon mangga tetangga.

Menjelang musim mangga begini paling asik bikin asinan mangga sendiri di rumah, cara membuatnya sangat mudah dan hemat loh ketimbang harus membeli asinan di abang-abang. Udah nyari abang-abangnya susah, pas nyoba makan asinannya di rumah....ternyata rasanya juga di luar ekspektasi. Rasanya pengen keluar pager rumah buat manggil lagi itu abang-abang siapa tau asinannya bisa ditukar karena ada garansi "asinan gak enak, dijamin diganti, atau asinan gak enak, uang kembali"

Bikin asinan sendiri itu lebih hemat, terlebih kalau mangga-mangga-nya dapet dikasih dari tetangga :P Selain itu bikin asinan di rumah itu hemat ongkos, karena tidak perlu mengeluarkan biaya transport untuk datengin abang-abang asinan di pinggir jalan, yang lokasinya agak jauh dari rumah. Kita hanya perlu duduk di rumah dan bikin asinan. Simpel.

Okeh, intronya kepanjangan. Sejujurnya isi postingan ini lebih pendek daripada intro tadi. Berikut saya paparkan bahan-bahan dan cara membuat asinan mangga super.....

Bahan :
- Mangga Indramayu yang mengkal, untuk banyaknya sesuaikan dengan penghuni rumah ya (syukur-syukur kalo mangga-nya dikasih sama tetangga sih *tetep ngarep)
- Garam
- Gula
- Cabai

Cara Membuatnya :
- Mangga dikupas sampai bersih, kemudian dicuci dan dipotong tipis-tipis sesuai selera. Bentuknya saya tidak menginstruksikan supaya pembaca bisa berkreasi sendiri. Saya orangnya nggak maksa, jadi kalau mau bikin dengan bentuk kotak-kotak kayak spongebob juga silahkan.
- Setelah mangga terpotong-potong, tiriskan dan masukkan dalam wadah cukup besar.
- Masukkan air matang ke dalam wadah tersebut
- Masukkan garam cukup banyak ke dalam wadah
- Diamkan selama 3-4 jam sampai tekstur mangga yang tadinya keras agak melunak dan layu
- Buang air garamnya, tiriskan.

Sekarang bagaimana cara membuat air asinannya. Ini lebih parah lagi gampangnya. Cabai diulek sampai agak halus namun masih menyisakan tekstur kulit cabai, oleskan ulekan cabai tersebut ke mangga tadi, aduk-aduk sampai rata. Masukkan air matang secukupnya, tambahkan garam dan gula secukupnya. Peran gula ini sangat penting untuk penyeimbang rasa, supaya tidak terlalu asin. Rasanya pun lebih gurih jika ditambah gula. Jika rasa kuahnya sudah cukup pas, masukkan wadah yang berisi asinan mangga itu ke dalam kulkas. Asinan macem begini lebih nikmat disantap dalam keadaan dingin. Segaaarrr.

Bagaimana? Mudah kan? Bagi yang memiliki pohon mangga yang mulai masak, silahkan bersiap-siap. dan bagi yang tidak memiliki pohon mangga, jangan bersedih hati, setidaknya kiri kanan kamu masih ada tetangga yang punya pohon mangga, baik-baikin dari sekarang *persiapan :P Bagi yang nggak mau repot, bisa kok beli di pasar, harga mangga Indramayu per kilogram berkisar 20.000 IDR sampai dengan 25.000 IDR, pintar pintarlah menawar :D

Asinan Mangga Ala-ala

No comments:

Post a Comment