Wednesday, July 22, 2015

Bagaimana Cara Memesan Tiket KTMB Malaysia

Wisata Singapura ke Malaysia dengan Jalur Darat Kereta Api

Bermula dari akhir Agustus 2014 berburu tiket murah di maskapai Air Asia, dengan semangat empat lima saya cari destinasi Jakarta-Singapura-Jakarta untuk honeymoon saya dan calon suami. Setelah cari-cari pasangan tanggal murah berangkat dan pulang, maka didapatkan rencana liburan Singapura 18-22 Maret 2015 (dengan harap-harap cemas tanggal tersebut kami sudah menikah, kalau belom yah angus lah). Awalnya saya tidak masalah 5 hari wisata Singapura, toh saya dapat tiket murah dengan biaya berangkat 99.000 IDR dan pulang 189.000 IDR. Namun makin lama harga SGD (Singapore Dollar) makin menjadi dan melambung, sampai menyentuh harga 9800-an hampir 10.000 berasa USD jaman dulu. Kayaknya dua tahun lalu masih 8000. Kalau sampai 10.000 berasa juga biaya hidupnya. Berhubung puyeng ngitung biaya hidup dua orang di Singapura selama 5 hari, maka saya memutuskan (sepihak) alternatif wisata lain. Iya. Saya memilih nyebrang di Negara tetangga Singapura yang biaya hidupnya lebih bersahabat, yakni Malaysia.

Membuat itinerary Malaysia Singapura tidak memakan waktu lama, karena sebelumnya saya sudah pernah wisata ke dua negara tetangga tersebut. Namun perjalanan saya ke dua Negara tersebut bermacam-macam jalur. Saya pernah naik bus malam dari Malaysia ke Singapura, saya juga pernah ke Singapura dari Batam melalui jalur air pelabuhan Sekupang, atau ke Malaysia seperti biasa dengan jalur udara. Namun saya belum pernah menyeberang ke Malaysia menggunakan kereta api. Baca-baca di banyak sumber perjalanan dari Singapura ke Malaysia atau Malaysia ke Singapura bisa dilakukan dengan 3 jalur, yakni jalur udara dengan pesawat terbang, jalur darat dengan bus antar kota antar Negara, serta jalur darat dengan menggunakan kereta api.  Terus terang saya belum pernah mencoba menyeberang dari Singapura ke Malaysia dengan kereta api, maka liburan kali ini saatnya mencoba.

Apa itu KTMB?

Perjalanan dari Singapura ke Malaysia maupun sebaliknya bisa ditempuh dengan menggunakan kereta api Malaysia yang disebut KTMB (Keretaapi Tanah Melayu Berhad). KTMB atau disebut juga Malayan Railway merupakan pengendali kereta api utama di Semenanjung Malaysia. Kereta ini bermula dari jaman penjajahan Inggris yang digunakan untuk jalur pengangkutan timah. Hubungan jalan kereta di Semenanjung Malaysia yang dikendalikan oleh KTM, terdiri dari dua jalur utama dan beberapa jalur cabang. Jalur utama terdiri dari Jalur Pantai Barat dan Jalur Pantai Timur.

Jalur Pantai Barat mulai dari Padang Besar di Perbatasan Malaysia-Thailand di Perlis (yang terhubung dengan landasan Negara Thailand ke Singapura melalui Butterworth, Pulau Pinang dan Kuala Lumpur. Disebut jalur Pantai Barat karena ia melalui negeri-negeri pantai barat di Semenanjung Malaysia.  Jalur Pantai Timur dimulai percabangan rel dari Gemas di Negeri Sembilan dan Tumpat serta Rantau Panjang, yang semuanya berada di Negeri Kelantan. Sedangkan Jalur Cabang yakni Batu Caves-Sentul-Kuala Lumpur-Pelabuhan Klang.

Keretaapi Tanah Melayu Berhad atau KTMB inilah yang akan saya pergunakan untuk menyeberang dari Singapura ke Malaysia. Saya akan memilih kereta malam, agar perjalanan dilakukan pada malam hari saya bisa istirahat dan sampai di tempat tujuan pagi hari sehingga waktu liburan saya tidak terbuang percuma hanya untuk perjalanan dari Singapura ke Malaysia atau sebaliknya.

KTMB untuk keberangkatan malam hari atai night train milik Malaysia ini memiliki beberapa jenis kursi penumpang. Ada yang kursi duduk biasa selayaknya kereta api pada umumnya dengan dua kursi berjejer, namun ada pula jenis sleeper train atau kereta yang dilengkapi dengan kasur. Wait, what? Di dalam kereta ada kasurnya, jadi kita bisa tidur di dalam kereta? Hehehe, Seru bukan? Saya langsung nelen ludah baca review dari banyak blog, sepertinya seru dan menantang! Patut dicoba :D

Pesan Tiket dari JB Sentral Lebih Irit

Perjalanan saya akan bermula dari Singapura menuju Malaysia. Jika melihat dari stasiun kereta api pada umumnya maka seharusnya saya naik dari Singapura melalui stasiun Woodsland dan turun di KL Sentral yakni stasiun Malaysia. Namun saya tidak memilih rute tersebut, tapi saya memilih jalur Johor Baru atau terminal JB Sentral Why oh why? Hal ini tentu karena urusan biaya yang harus dikeluarkan *teteepp

Johor Baru merupakan daerah terluar Malaysia yang berbatasan langsung dengan Singapura. Jika kita menyebrang dari Singapura ke Malaysia melalui Johor Baru, itu artinya kita sudah naik kereta di Malaysia (Johor Baru) dan turun di Malaysia (Kuala Lumpur). Lah bagaimana caranya dari Singapura ke Johor Baru? Caranya sangat mudah, dari Singapura kamu bisa naik bus Causewaylink dari terminal Queen Street harganya 3.3 SGD sampai Woodsland Checkpoint kemudian lanjut naik Causewaylink selanjutnya hingga turun di Johor Baru Checkpoint atau JB Sentral. Memang agak repot myambung-nyambung sedikit tapi beda lhoo (harganya)

Jadi ada perbedaan harga tiket kereta apabila kita beli di JB Sentral daripada beli Woodsland. Beli tiket berangkat dari Woodsland lebih mahal ketimbang JB Sentral, padahal harga tiketnya sama-sama 45. Ternyata yang bikin beda adalah faktor pengali kursnya. Jika kamu naik dari stasiun Woodsland Singapura maka biaya yang dikeluarkan adalah 45 SGD x 9800 IDR atau sekitar 441.000 IDR, sedangkan jika kita membeli dengan keberangkatan JB Sentral atau Johor Baru, maka harga tiket yang dikeluarkan 45 RM x 3800 IDR atau sekitar 171.000 IDR. Bedanya 270.000 IDR per tiket. Lumayan kan?

Bagaimana Cara Memesan Tiket Kereta Api Malaysia

Setelah menentukan itinerary dan waktu keberangkatan, maka saatnya untuk memesan tiket kereta api KTMB. Saya bisa saja memesan tiket di kaunter penjualan tiket di Singapura atau Malaysia, namun khawatir tiket sudah terjual habis dan saya tidak bisa mendapatkan tiket untuk menyeberang ke Singapura. Daripada itinerary saya hancur berantakan, maka lebih baik saya pesan online di website KTMB. Cara pesan online lebih saya suka daripada pesan langsung di kaunter karena kita bisa mengetahui ketersediaan kursi dan alternatif cara lain apabila tiket habis. Bagaimana cara memesan tiket KTMB secara online? Caranya mudah, buka saja situs Keretapi Tanah Melayu Berhad di laman http://www.ktmb.com.my/

Nanti akan muncul halaman seperti ini


Saya sarankan jika belum memiliki user akun agar daftar terlebih dahulu, caranya cukup mudah, hanya perlu mengisi nama lengkap, user name yang diinginkan, password yang diinginkan, alamat email, nomor telepon dan HP. Setelah mendaftar, segera konfirmasi di email kamu dan sign in untuk masuk.

Mengapa disarankan untuk daftar sebagai pengguna? JIka nanti transaksi sudah berhasil akan lbih mudah mencari tiket yang kita pesan karena sudah masuk di history pemesanan. Dan jika ada gagal koneksi atau gagal transaksi maka lebih mudah untuk diproses. Intinya, ikuti kata saya aja deh biar cepet (maksa :D)



Setelah sign in akan muncul tampilan seperti ini, klik Ticket Reservation. Silakan isi bagian Onward dan Return. Pada bagian Onward silahkan isi Origin dengan tempat keberangkatan dan Destination dengan tempat tujuan kami, serta isi tanggal perjalanan. Misalnya berangkat dari JB Sentral dan tujuan KL Sentral pada tanggal 06 Juni 2015.


Input juga jenis kereta, untuk kereta malam pilihlah Senandung Sutera, dan jenis gerbong pilih yang ADNS – Superior Night Class dengan harga kasur tingkat atas untuk anak 27 RM, kasur bawah anak 33 RM, kasur dewasa tingkat atas seharga 39 RM dan kasur dewasa di bawah 45 RM. Setelah selesai tekan tombol Add. Maka akan muncul pop up untuk pengisian data diri penumpang yang terdiri dari : Nama penumpang, IC atau nomor paspor, dewasa atau anak-anak, pria atau wanita, serta pilihan nomor kursi yang dikehendaki.


Dengan klik nomor kursi akan muncul otomatis ketersediaan kursi atau sisa kursi yang bisa dipesan. Perhatikan warna kursi, warna merah untuk kursi yang sudah dipesan, warna abu-abu untuk kursi yang sementara bisa dipesan, namun saya tidak menyarankan untuk memilih ini, dan warna biru yang menandakan kursi tersebut kosong dan dapat dipesan. Klik label pilihan gerbong missal M6 atau M7. Nah, pilihlah kursi tersebut. Di sana juga ada keterangan Upper (Atas) Lower (Bawah) sehingga kita tidak bingung kode kasur yang akan dipilih. Kasur atas maupun bawah sebenarnya tidak masalah, namun saya lebih memilih kasur bawah supaya mudah meletakan koper dan barang bawaan, tidak perlu angkut ke atas. Pilih juga untuk kursi kepulangan. Lanjutkan dengan menekan tombol continue, dan akan muncul seperti ini


Pastikan data yang tercantum benar dan pilihan tiket sudah sesuai. Setelah itu dilanjutkan dengan menu pembayaran yakni pilihan pembayaran, saya memilih dengan menggunakan kartu kredit andalan saya yang menemani saya di pelbagai reservasi online liburan yakni Hasanah Card BNI Syariah. Setelah mengisi data pembayaran, maka akan ada keterangan transaksi sudah berhasil dan akan muncul tombol untuk print e-tiket. Silakan print bukti pemesanan tiket kamu tersebut dan jangan lupa untuk dibawa pada saat masuk ke dalam kereta untuk pemeriksaan.

Bagaimana? Simpel bukan?
Semoga bermanfaat.

Salam,
Noni Halimi

76 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. kalau tidak punya cc berarti gak bisa beli online ya?

    ReplyDelete
  3. kalau tidak punya cc berarti gak bisa beli online ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau debit saya belum pernah coba mas, yang jelas metodenya bisa logo visa atau mastercard. Dicoba saja untuk kartu debitnya :)

      Delete
    2. Saya kemarin coba book tiket senandung sutera dan bayar dengan kartu debit mandiri bisa kok dan nggak ribet tentunya.

      Delete
    3. Terima kasih infonya :) bisa ya pake kartu debit

      Delete
    4. Klo pake kartu debit berarti langsung dipotong langsung ya atau itu cuma kyk buat jaminan trs bayarnya di loket JB Sentral ?
      Soalnya ini sekarang senandung sutera tiketnya cepet bgt full booked padahal masih ada H-30

      Delete
    5. Pakai kartu debit langsubg terpotong saldonya, nanti dapat itinerary, di print dan dibawa untuk bukti. Mungkin lagi peak season sdh full pdhl masih H-30

      Delete
    6. halo..
      saya coba book pakai debit card BCA kok gabisa ya?
      apakah harus klik option tertentu untuk menggunakan debit card? saya sudah coba 2 kali kok muncul tulisan "the number entered did not match with the card selected" gitu ya :(

      Delete
    7. Apakah sudah sesuai memasukkan CVC (Card Verification Code) 3 angka di belakang kartu? Apakah sblmnya pernah berhasil transaksi lainnya dengan debit BCA secara online? Kalau masih belum bisa mgkn bs hubungin Customer Service BCA bagaimana agar bisa transaksi debit melalui online.

      Delete
    8. Kalau mau pakai debit mandiri caranya gimana?

      Delete
    9. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  4. mba nanya dong, untuk pengisian ticket type-nya itu pilihannya "ordinary ticket" bukan?

    & untuk pembayaran melalui CC apakah pas disana harus menunjukkan CC yg qt gunakan utk reservasi apa egk? soalnya ada rencana mau pesen tiket by online & menggunakan CC teman.

    thx mba noni :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ordinary ticket

      Bisa jg pakai punya org lain, untuk CC tidak perlu dibawa krn tdk perlu ditunjukan. Tiket cukup di print dan dibawa saat di sana akan diperiksa petugas :)

      Delete
  5. Kak mau tanya kl misal aku dr sin mau ke malay perbatasan itu brati dr woodland ya kak? Lalu berhentinya dmn ya kak? Jd pgn naik kereta ini soalnya biar enggak bingung ketinggalan bis lg. Mohon dibantu ya kak. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Windy ya ampun maaf yah kelewat, baru baca nih.. Jangan2 udh pulang dr sin yah? Hihi maaf yaaa

      Iya perbatasan dr SIN itu ke Woodsland, nanti naik bus ke Johor, dari Johor baru naik KTMB. Jadi berangkat tetep dari Johor supaya harga tiket kena kurs Malaysia, lbh muree :D kalau mau ke KL ya berhentinya di KL Sentral pemberhentian terakhir, disesuaikan saja sama tiketnya. Beli tiketnya Johor - KL Sentral.

      Delete
  6. mau nanya mba kalo no passport nya diisi asal bisa ga? soalnya tmn sy belum punya pasor tp takut keburu keabisan. Disana dicocokin passport sama tiketnya ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo.. Maaf yah baru buka email lagi.. Saya kurang tahu ketentuannya bisa atau tidak, tapi waktu saya bolak balik naik KTMB baik dari Malaysia maupun Singapura, cuma di cek print tiketnya saja, dicocokan sm nomor tempat tidur, tidak diminta passport :D

      Delete
  7. Bisa kok buka dari HP, itu screen capture yang saya publish buka dari HP :)

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Mba mau nanya dong
    saya kan udh coba ticket reservation, terus udh isi di onward itu origin, destination, sama journey datenya tapi kok train sama coachnya pas mau dipilih kosong ya mbak? Itu kira2 kenapa ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kosongnya karena fullbooked atau bagaimana? Bookingnya untuk keberangkatan kapan? Tanggal keberangkatan kalau tidak salah ada maksimumnya deh mbak, ga bisa reservasi untuk jangka waktu yg terlalu jauh. Kalau H-1 bulan atau H-2 bulan kalau ga salah sih masih bisa.

      Delete
  10. Halo kak Noni.
    Iya nih, permasalahanku sama kayak kak Stephanie.
    Entah website KTMB yang sedang bermasalah atau bagaimana, tapi memang ketika akan reservasi, kolom train dan coach selalu kosong. Saya sudah coba gonta-ganti opsi h-1, h-7, h-30 semuanya kosong.
    Ini saya sedang mencoba mengirimkan email ke customer service-nya siapa tahu ada solusi.
    Kira-kira kak Noni tahu nggak kenapa seperti itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai bantu jawab ya, saya naik ktmb bulan Februari 2016. ketentuannya booking harus minimal h-30 tetapi saya waktu itu booking h-30 tidak bisa alias full booked.
      solusinya adalah tunggu sampe h-20 saja, insya allah nanti kuota keretanya masih ada banyak. soalnya saya pengalaman juga begitu.
      semoga membantu ya

      Delete
    2. Hallo, saya pernahnya blank screen, dan saya coba pakai aplikasi lain. Cona di HP, coba di mozilla, ie atau google chrome. Setau saya kalau di bawah 1 bulan sih ada jadwalnya.

      Kalau masih blm bs juga, betul sekali kirim email ke customer service KTMB, nanti dapat email balasan kok :)

      Delete
  11. Untuk jadwal dr malaysia jam brpa aja ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beragam jadwalnya tergantung jenis keretanya. Biasanya kalau Senandung Sutera itu kereta malam, jd berangkat malam hari dari Malaysia.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  12. Wah hidup di singapura selain paling mahal juga anomali, disaat seluruh dunia harga-harga turun disingapura justru naik. SUMBER: Perekonomian Singapura sedang sulit, tarif listrik naik 9.2% dan akan disusul kenaikan lainnya

    ReplyDelete
  13. Dear mbak, mohon info utk sleeper train dr KL Central ke Singapura. Saya mo ke sing bulan sept 16 ini. Saya cb cek via ktmb itu gk muncul pilihannya. Krna bw dua bocah rasanya kalo naik bus kasian anak2, kalo sleeper train kan mereka bs bobok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo. Pilihan apa ya yg tidak muncul? Kalau dari KL Central ke Singapura bisa kok sesuai panduan yg saya tulis di atas. Tujuannya bisa ke Woodsland Singapura atau Johor Baru, kalau Johor Baru agak repot nyambung2 tapi lbh murah.

      Delete
  14. ia mbak, sya rencana dr kl sentral ke singapore nggak ada pilihan ke singaporenya, kira2 kenapa ya? tapi kalau dari singapore ke kl sentral ada,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah sih case yg ky gtu. Tp coba sampaikan saja keluhannya ke email intercity center : callcenter@ktmb.com.my

      Atau coba juga ganti perangkatnya, mgkn coba lwt hp, atau yg lain.

      Semoga bisa terselesaikan yaa

      Delete
    2. Mba bisa cek komen anonim sy di bawah ya. Moga mmbntu.

      Delete
  15. Bisa pesan utk org lain nda, dlm rombongan yg sama, dg user kita, apa masing2 pesan dg user sendiri

    ReplyDelete
  16. Bisa pesan utk org lain nda, dlm rombongan yg sama, dg user kita, apa masing2 pesan dg user sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, itu seperti di contoh, dengan 1 username saya pesan untuk saya dan suami. Pesan lebih dari 2 orang juga bisa.

      Delete
  17. salam kenal ka noni, web ktmb ny error melulu nih dr kmrn,, punya jadwal keberangkatan ny ga dr malay ke singapur jam berapa aja??? thank u before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Mohon maaf saya kmrn tdk screen semua jadwalnya. Yang saya tahu dan ingat hanya jdwal yg saya ambil, berangkat dari kl sentral jam 11 malam, sampai di johor baru jam 7 pagi, kemudian lanjut lagi naik bus ke singapura.

      Delete
  18. Kalau anak umur 5 tahun tapi tidurnya sama orang tua apa harus beli tiket juga ya sis?

    ReplyDelete
  19. Kalau anak umur 5 tahun tapi tidurnya sama orang tua apa harus beli tiket juga ya sis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya ketentuan infant itu kalau dibawah 2 tahun bun. Kalau sudah berusia 5 tahun masuknya 1 tiket anak. Tp untuk lbh pasti infonya bisa langsung ditanyakan ke email intercity ktmb di : callcenter@ktmb.com.my

      Semoga membantu :)

      Delete
  20. Hallo sya tgl 22 sy mau k KL n lnjt k spore.
    FYI skrng Dr KL sentral g ada langsung k Woodland.
    Kita mati naek 2 kali kreta.
    1. KLsentral-Gemas 30MYR
    2. Gemas-Jb sentral 21MYR

    Dr Jb sentral nnti naek bis k Woodland.
    Oiya sleeper train per Mei atau Maret 2016 udh ngga ada ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow KL Sentral ke JB Sentral sekarang jadi 2 kereta ya. Trimss update infonya yaa 😊

      Delete
    2. Waahh sleeper train udh gda ya? Pdhl bln okt nanti mw coba sleeper train.. pantesan mw coba book di website gbs terus..
      Bisa minta solusi terbaik ga yaa mba utk ke sin dr kl..

      Delete
  21. Mbak mau tanya tiket mesti di print langsung atau dikirim ke email? Mksih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya langsung print ketika pemesanan selesai, ada tombol untuk langsung print di website nya. Dan kalau sudah punya user, nanti history tiket bisa tersimpan dan bisa di print lagi kapan saja, karena ada bentuk soft copy-nya.

      Delete
  22. hi kak noni, salam kenal..
    aku mau tanya, kalau naik bus Causeway link ini kira2 butuh waktu brp lama ya dr singapura sampai ke johor baru?
    karena perlu 2 kali transit kan ya?
    thanks ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Chery, terima kasih telah berkunjung ke blog saya :)

      Kalau naik dari Queen Street Terminal sampai Woodsland Checkpoint (keluar dari Singapura) kurang lbh 30 menit, lanjut lagi naik bus sampai JB Checkpoint kurang lebih 15 menit, di sini sudah masuk wilayah Malaysia. Lanjut lagi jalan kaki menuju JB Sentral kurang lebih prosesnya 15 menit.

      Further info mungkin bisa cek postingan saya :

      nonihalimi25.blogspot.co.id/2015/07/spore-kl-trip-day-2-changi-airport.html?m=1

      Semoga bisa membantu :)

      Delete
  23. Mba saya dah coba boking senandung sutera untuk tgl 7 nov 2016 besok. Kok gak bisa ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya coba boking dari jb sentral ke kl center. Untuk tgl 7 november. Tp tampilan keretanya gak ada.

      Delete
  24. Mau tanya kak, klo dr KL ke Spore gmn ya rute perjalananny dan jika pmblian tiket KTM ny di sana. Thanks

    ReplyDelete
  25. Malam mbak.
    Saya berencana ke KL Dari johor bahru tgl 20jan 2017.
    Sya CBA pesan ticket dr jb sentral ke sentral KL, onward sdh saya isi job sentral, tpi ko destination nya gk ada ya sentral KL. Adanya wilayah persuktuan Kuala Lumpur saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dapat update saat ini tdk ada lagi kereta yg direct JB Sentral - KL Sentral. Jadi mesti melalui Gemas (2 tiket kereta).
      JB Sentral - Gemas kurang lbh 21MYR
      Gemas - KL Sentral kurleb 30 MYR

      Demikian semoga membantu :)

      Delete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. saya juga coba order tiket dari Kuala Lumpur ke woodlands tapi g ada pilihan keretanya..kosong..tanggal sy mau berangkat tanggal 26 januari 2017 ini

    gimana ya? yolong info dund

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jga lgi cari cara ke singapura dri malay ne..tp ga dpet2, sprti ny ud ga ad yg langsg dri KL sentral ke woodlands.. mesti pake 2 kereta dari KL sentral ke Gemes lalu Gemes ke JB and terakhir nae bus ke woodlands..itu info yg gw dpet..

      Delete
  28. mba ko saya di kolom onward yg origin pilih sentral KL nah ko di destination gk ada pilihan JB Sentral ya? mohon bantuannya hehe

    ReplyDelete
  29. Hallo Mbak Noni
    Saya akan berangkat dr Jkt jam 17.00 tiba di Singapura jam 20.10 terus ke JB Sentral. Pertanyaan saya, berapa jam dari Changi ke JB Sentral? Kereta malam terakhir ke Kuala Lumpur jam berapa ya?
    Terimakasih banyak atas bantuan informasinya

    ReplyDelete
  30. Tambahan, di JB Sentral selain Kereta apa ada Bus...?kalau misalnya ketinggalan kereta...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah berkunjung :) Sebelumnya mohon maaf late reply baru buka blog lagi, semoga masih bisa menbantu. Kalau dr Changi ke MRT Bugis kurang lebih hanya 15 menitan saja. Dari sana jalan kali ke terminal Bus Queenstown. Pengalaman saya saya kmrn jdwalnga berangkat pukul 11 malam. Kalau dr Queenstown maksimal jam 9 insya Allah masih keburu naik keretanya. Kalau memang tdk naik kereta, di JB Sentral juga ada Bus ke Kuala Lumpur.

      Delete
  31. Halo mbak Noni. Mau tanya nih. Saya beli e-ticket untuk tanggal 23 feb2017. Situs ktmb server eror. Tapi cc saya udah dipotong tagihan dari ktmb. Sedang tiket saya tidak ada di history atau pembelian gagal. Apa ada cara untuk refund uang saya? Terima kasih mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak terima kasih telah berkunjung, kalau transaksi eror setahu saya akan di anulir otomatis pada saat tagihan nanti. Jadi misal kepotong 300rb, nanti di tagihan juga ada kredit 300rb. Tapi lebih amannya, mbak kirim email saja ke customer care kartu kredit yang bersangkutan, sertakan rincian kejadian, data diri. Biar nanti pihak CC Bank itu yg cek.Seharusnya kalau transaksi gagal tdk akan ke record juga di transaksi kartu kredit. Baiknya via email supaya penjelasannya terperinci. Selamat mencoba mbak, semoga terselesaikan persoalannya :)

      Delete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. halo mba noni , terima kasih atas ulasannya.
    saya ada rencana tanggal 21 april 2017 berangkat dari singapura ke KL . ingin menggunakan ktmb dari jb sentral.
    saya sudah coba beli tiket online dari situsnya, namun kolom train dan coach nya ga muncul.
    saya juga sudah email ke pihak KTMBnya utk reservasi (katanya bakal direspon 3-4 hari. baca dari blog juga) tapi udah 2 minggu tidak direspon . saya email ke 2 kali juga blom ada balasan.
    selain situs dan alamat email, apakah mba ada info lagi untuk reservasinya ?
    situsnya susah banget diakses T.T

    mohon infonya ya mba

    ReplyDelete
  34. Halo mb noni , kalo byarnya pake debit BNI Syariah bisa gak ya mbak , Thank buat jwbnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah nyoba pak kalau BNI Syariah debit. Seharusnya sih bisa krn pakai BNI debit bisa. Dicoba dulu saja :)

      Delete
  35. Saya mau pesan kereta api dari johor bahru ke kuala lumpur tapi pilihannya kok ga ada kl sentralnya ya? Apakahsudah tidak ada jurusannya?

    ReplyDelete
  36. hallo mba noni,, terkait dengan ktmb berarti dari woodlands ke johor baru kita menggunakan transportasi darat/bus sampai ke johor?? lepas dari johor baru menggunakan ktmb? karena rencana saya hanya mau liburan 2hari 1malam saja untuk bisa mencapai ke 2 negara tsb tentu dgn cost yg lebih murah. trims..

    ReplyDelete
  37. halo mbak, saya mau pesan tiket dari JB sentral ke KL sentral, tapi kok ga muncul yah tujuan KL sentral
    thanks

    ReplyDelete
  38. Saya udah coba berkali-kali kok gak muncul ya saat show train nya?

    ReplyDelete
  39. Mba mau tanya , print tiket nya dmn ? Apa bisa di station ? Saya rencana mw Pake e banking mandiri bisa yah ?

    ReplyDelete
  40. Mbak bisa tolong dong buat cerita pengalaman seperti penjelasan diatas tapi perjalanan dengan menggunakan angkutan bus .. terima kash

    ReplyDelete
  41. ratna.kurniati23@gmail.comJuly 9, 2018 at 12:28 PM

    mba mau tanya,saya mau booking 1 bulan sbelum tp kok ga bisa ya mba,schedule nya blm ada katanya..

    ReplyDelete
  42. mba mau tny atau ada yg bisa bantu jawab kan saya dari kualalumpur ke bangkok nah utk isi Origin nya apa???? dan Destination nya apa??? krn saya tkt salah pilih

    thx u

    ReplyDelete