Thursday, May 22, 2014

Gado-gado Paling Enak

Gado-gado di Jalan Lawu, Madiun adalah gado-gado terenak yang pernah saya makan. Penasaran kenapa? (Nggak penasaran ya? Kesian saya)

Sebagai penggemar gado-gado kerap kali saya pasti menyantroni tukang gado-gado yang saya temui. Entah dimana pun kalau ada kesempatan. Dari mulai kantin sekolah, sekitar kantor, atau tempat kuliner lainnya. Banyak tempat gado-gado yang enak, namun tidak ada yang bisa menandingi gado-gado jalan Lawu ini.
Warung tempat jualan gado-gado ini sangat sederhana, kursi panjang dan meja beberapa buah saja, hanya kipas angin yang cukup tua yg menemani pengunjung agar tidak kepanasan. Namun kebersihan tempat ini sangat terjamin. Walaupun jauh dari lalu lalang kendaraan, kaca lemari sayurannya ditutup tirai seperti kelambu supaya tidak ada lalat atau kotoran yang masuk.

Gado-gado ini agak berbeda dengan gado-gado kebanyakan di Jakarta. Jika di Jakarta yang saya temui adalah gado-gado ulek, berbahan dasar kacang yang diulek beserta bumbu lain, kemudian diaduk bersama sayuran di tempat ulekan. Tapi gado-gado jalan Lawu ini lebih cocok dijuluki gado-gado siram. Jadi sayurannya sudah terpotong rapi di piring kemudian disiram oleh kuah bumbu gado-gado ini.

Dari segi tekstur bumbu dan rasa pun berbeda. Jika bumbu gado-gado biasa adalah rasa kacang tanah, agak kasar dan agak asin, maka bumbu gado-gado jalan Lawu ini rasa kacang agak manis dan gurih serta teksurnya lembut cenderung agak cair.

Begitu pula dari sayurannya pun berbeda. Jika gado-gado biasa menggunakan sayuran kacang panjang, kangkung, timun, kentang, tauge, pare dan terkadang jagung. Kalau gado-gado jalan lawu menggunakan kentang, salada, timun, telur, tauge dan wortel.

Kerupuknya? Gado-gado lawu menggunakan kerupuk udang yang gurih, bukan kerupuk warna warni yang biasa disajikan oleh tukang gado-gado jakarta. Slurrpp. Jangan tanya soal rasa, dijamin super enak dan cocok di lidah orang Jawa hehehe karena rasanya cenderung ada rasa manis. Bagi yang suka sambal bisa diberikan sambal.

Saya sering mencari gado-gado siram macam di Madiun ini tapi tidak pernah ketemu. Ada yang cukup mirip di kios jajanan di Cilandak KKO, namanya gado-gado siram Jawa Timur. Rasanya cukup mirip, namun masih kalah *iyalaaahh.

Selain Gado-gado Jalan Lawu, di Madiun juga terkenal Gado-gado Pak Tomo. Sebelas Dua belas dengan Lawu, super enak! Satu tempat lagi yang menjual gado-gado macam ini adalah di Jalan Bliton, Madiun. Jika sudah siang maka terkadang gado-gadonya sudah habis diserbu penggemar. Warung ini memang ramai pengunjung dan sudah tersohor kemana-mana. Selain gado-gado, menu favorit lainnya di Jl Bliton ini adalah tepo tahu. Wuiihh.
Jika kamu berkesempatan ke Madiun, jangan hanya makan pecel, namun cobalah gado-gado Jalan Lawu atau Jalan Bliton ini. Dijamin nagih dan kangen balik lagi ke Madiun hehehhe

The Best Gado-Gado Ever! Gado-Gado Jalan Lawu

No comments:

Post a Comment