Friday, September 18, 2015

Japan Trip : Dotonbori Street, Osaka (05 Nov 2014)

Dotonbori Street
Puas bermain di Osaka Castle, saya melanjutkan perjalanan ke Dotonbori. Untuk bisa menuju ke Dotonbori, kamu hanya perlu menaiki kereta dan turun di Stasiun Shinsaibashi kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki. Dotonbori Street adalah salah satu pusat perbelanjaan yang terbesar di Osaka. Seperti one stop shopping di Dotonbori menyediakan tempat untuk membeli oleh-oleh, tempat berbelanja, tempat kuliner makanan ringan maupun berat. Ketika masuk ke Dotonbori akan terlihat papan lampu bertuliskan Dotonbori. Wuaah hari sudah mulai gelap, memang saat yang tepat untuk berjalan di sekitar Dotonbori. Area ini memang terkenal dengan ikon-ikon yang terdapat di tokonya, beberapa ada yang saya abadikan dalam bentuk foto.

Ikon pertama yang paling terkenal adalah Mr. Glico Man yakni hiasan bergambar seorang laki-laki sedang berlari di lintasan lari bertuliskan Glico. Ada pun Glico merupakan salah satu produk makanan yang ada di Jepang. Ikon kedua yang tidak kalah menarik adalah Kuidaore Taro, yakni boneka berbaju badut yang sedang memukul drum. Ikon ketiga adalah Kani Doraku Crab, kepiting raksasa yang dipajang di depan restoran Kani Doraku. Selain itu masih ada lagi ikon gurita, ikan kembung, dapi dan lain-lain. Kesemua icon tersebut dipasang di masing-masing toko pada bagian atas toko berbarengan dengan lampu neong yang berwarna warni.

Neon dan ikon Dotonbori Street
Sepanjang jalan Dotonbori ini terhampar luar tempat penjualan souvenir mulai dari gantungan kunci, tempelan kulkas, baju, kipas, gelas, snack atau makanan ringan dan pernak-pernik lain yang bisa dijadikan oleh-oleh. Harga yang ditawarkan di tempat penjualan souvenir ini cukup terjangkau. Saya sarankan untuk membeli oleh-oleh khas Osaka, yakni yang bernuansa Mr. Glico Man, Takoyaki, Okonomiyaki, tulisan Osaka, dan banyak lagi, Selain itu, banyak juga toko yang menjual makanan pinggir jalan seperti takoyaki dan okonomiyaki. Porsi satu buah okonomiyaki sangat banyak sehingga tidak bisa dihabiskan seorang diri. Harganya berkisar antara 400 hingga 500 yen. 

Ebisu Bridge
Area Dotonbori Street ini dilengkapi dengan sarana untuk duduk-duduk dibagian tengah jalan. Bentuknya hanya tiang atau pilar kecil yang bagian bawahnya ada kursi melingkar yang bisa dipergunakan untuk duduk. Pas banget untuk yangingin beristirahat setelah lelah seharian berjalan. Di sana juga terdapat banyak convenience store yang memberikan fasilitas wifi gratis, salah satunya Family Mart. Saat beristirahat duduk-duduk bisa sambil browsing. Jika kita berjalan ke dalam lagi, maka kita akan menemukan Jembatan Ebisu yang dibawahnya mengalir sungai. Sungai tersebut dihiasi oleh lampu-lampu dan dijadikan tempat wisata juga, yakni dengan adanya perahu wisata yang melintasi sungai. Kalau ingat jembatan Ebisu ini, saya jadi teringat oleh Heiji dan Kazuha! Osaka ini merupakan tempat asal Heiji (detektif dari Barat) dalam serial Detective Conan. Ia ingin menyelesaikan kasus mengenai transaksi ganja dan berakhir di Jembatan Ebisu. Akhirnya saya kesampaian juga ke area Dotonbori ini :D


Salam,


1 comment: