Thursday, September 17, 2015

Sulit Mencari Wi Fi di Jepang?

Jepang termasuk salah satu negara yang maju akan teknologi, namun ternyata hal tersebut tidak dibarengi dengan banyaknya titik wifi gratis di berbagai kota di Jepang. Jauh lebih banyak Korea ketimbang Jepang, entah mengapa saya juga tidak tahu alasannya. Padahal harga paket internet di Jepang juga mahal, lumayan kan kalau ada gratisan hehehe. Tapi dengar-dengar, kecepatan akses internet di Negara Jepang terbilang super, ya pantes aja mahal. Di Indonesia saja nggak murah murah banget tapi aksesnya macem siput..

source : www.kawankumagz.com
Tapi benarkah sulit mencari wifi gratis di Jepang? Ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Jepang juga menyediakan fasilitas wifi gratis di kota-kota besar. Jadi kamu tidak perlu khawatir. Masalahnya adalah kamu tinggal mencari titik titik wifi gratis yang biasa disebar di Jepang. Kebetulan saat saya ke Jepang tempo lalu sengaja tidak membeli paket internet, saya hanya akan mengandalkan wifi di hostel tempat saya menginap. Hampir seluruh tempat penginapan di Jepang memiliki akses internet yang bisa dimanfaatkan oleh tamu sepuasnya. Kamu hanya perlu menanyakan kepada petugas hostel user dan password wifi karena sudah pasti wifi dikunci.

Tidak memiliki akses paket internet di Jepang ternyata tidak membuat saya benar-benar mati gaya. Kenapa? Karena saya menemukan wifi gratis di beberapa tempat. Pertama kali saya mendarat di Jepang yakni Haneda International Airport, tersedia wifi gratis 24 jam. Demikian halnya dengan Kansai International Airport juga menyediakan wifi. Jadi pengunjung bisa mengakses internet saat berada di dalam bandara. Ternyata tidak hanya bandara, saya juga menemukan wifi gratis di seluruh lorong Tokyo Toei Line dan Tokyo Subway. Memang sih dalam satu hari ada batasnya yakni 15 menit per sesi dan diberikan waktu 5 sesi sehingga total pemakaian wifi adalah 1 jam 15 menit. Lumayan kan untuk update status? *looh

Wifi Jepang
Bukan hanya di Bandara dan stasiun kecil Toei dan Subway, namun wifi gratis juga bisa ditemukan di stasiun-stasiun besar seperti JR station di Tokyo, Kyoto maupun Osaka. Biasanya wifi gratis bertempat di dekat information center. Silahkan cari wifi di sekitar sana sembari bertanya-tanya kepada petugas. Wifi sangat dibutuhkan terutama untuk googling lokasi dan sebagainya loh..

Untuk beberapa Mall perbelanjaan juga memberikan fasilitas wifi gratis. Tidak hanya toko namun juga cafe seperti Starbucks pun menawarkan wifi gratis. Yang lebih enak lagi, di Starbucks Jepang kamu bisa nongkrong sepuasnya dari pagi sampe itu toko tutup tanpa diusir lho. Lumayan banget kalau mau akses internet gratis dengan kecepatan super. Selain Starbucks saya juga menemukan wifi gratis di convenience store yang tersebar di kota-kota besar salah satunya family mart dan 7/11. Saya menyadari hal tersebut saat memegang HP di dalam convenience store, eeehhh ada wifi gratis! Hehhehe

Wifi gratis juga saya temui di terminal bus Shinjuku di dalam toko perbelanjaan elektonik yang besar di Shinjuku. Letaknya persis di seberang tempat bus lepas landas. Saat itu saya membaca pengumuman yang bertulisan "Free Wifi for 2 Weeks" Melihat kata free alias gratis saya langsung semangat, woooww apaan nih! Saya langsung mencari tahu bagaimana prosedur dapat wifi gratis di toko tersebut. Ternyata memang benar lho, bisa dapat wifi gratis selama 2 minggu khusus intuk turis. Wifi ini biaa di akses sepanjang terminal Shinjuku. 

Cara mendaftarnya cukup mudah, sama seperti membeli paket internet di berbagai negara, yakni kamu menujukkan passpor kamu ke petugas toko, kemudian ia memberi tahukan user yang bisa kamu pakai dan password yang digunakan. Semuanya gratisss tanpa harus membeli produk apa pun. Tentunya fasilitas ini sangat membantu turis walaupun turis tidak akan stay untuk jangka waktu panjang di terminal Shinjuku.

Nah, tadi adalah beberapa titik wifi gratis yang bisa kamu manfaatkan selama di Jepang. Jadi jangan takut mati gaya dan tersesat di Jepang karena tidak bisa terkoneksi dengan internet ya. Tidak perlu juga membeli paket internet yang harganya cukup mahal itu, selama bisa memanfaatkan wifi gratis, kenapa tidak?

1 comment:

  1. coba bawa travel wifi aja gan sekarang bisa sewa wifi buat ke jepang

    ReplyDelete