Friday, September 18, 2015

Japan Trip : Taiyaki Cemilan Ikan (04 Nov 2014)

Taiyaki Cemilan Jepang
Taiyaki adalah kue berasal dari Jepang yang berbentuk ikan. Dalam bahasa Jepang, Tai adalah sebutan untuk ikan, dan yaki artinya adalah panggang. Jadi taiyaki adalah kue yang berbentuk ikan yang cara penyajiannya dengan cara di panggang. Mengapa bisa berbentuk ikan? Karena alat panggangnya cetakan berbentuk ikan. Bagian atas kue dipanggang terpisah dengan bagian bawah kue. Ketika kedua lapisan hampir matang baru diolesi oleh berbagai macam isi yang dapat kita pilih sesuai selera. Ada pun isinya bisa berupa selai kacang merah, selai strawberry, selai cokelat, selai matcha, vanila, keju, vla, sosis, dan lain sebagainya. Bahan untuk membuat taiyaki menurut saya mirip dengan kue cubit, yakni dari tepung terigu, gula pasir, baking powder, telur ayam, susu dan air.

Macam-macam rasa
Taiyaki ini salah satu cemilan favorit untuk masyarakat Jepang baik anak-anak maupun orang dewasa. Taiyaki biasanya dijual di toko, kedai pinggir jalan, maupun kedai dadakan yang berada di tempat-tempat wisata. Saya mencoba taiyaki yang dijual di Fushimi Inari, Kyoto saat berkunjung ke Jepang. Satu buah taiyaki diberi harga 100 JPY atau senilai 11.100 IDR. Saya mencoba rasa matcha atau teh hijau. Penjualnya membuat taiyaki sekaligus karena yang mengantri cukup banyak. Di sana saya melihat sendiri proses pembuatan taiyaki oleh penjualnya. Benar-benar mirip seperti membuat kue cubit. Bedanya kue cubit hanya melewati satu proses saja, si penjual hanya sekali menuang adonan ke panggangan. Sedangkan taiyaki terdiri dari dua lapis, sehingga mirip sandwich. 

Abang-abang jualan Taiyaki
Mengenai rasa, menurut saya pribadi rasa kue taiyaki agak cenderung hambar, tidak manis seperti kue cubit. Mungkin memang adonan tepungnya tidak diberi banyak gula. Sehingga apabila hanya memakan kue taiyakinya saja tanpa ada olesan selai agak hambar dan seret (minum....minum...). Masih jauh lebih enak rasanya kue cubit di Indonesia lah, dan harganya pun sebelas dua belas, malah dapat banyak, hehehehe. Tapi bagi pembaca sekalian yang penasaran ingin mencoba langsung taiyaki dari negara asalnya, boleh lhooo..Saya rekomendasikan rasa matcha, karena khas Jepang :D Selamat mencoba


Salam,

No comments:

Post a Comment