Monday, September 14, 2015

Jepang Negara Super Bersih

Jepang negara yang sangat teratur, demikian halnya dengan aturan kebersihan yang ada di Jepang. Saat saya berkeliling Tokyo baik di lokasi wisata umum, jalan umum, jalan raya, bahkan jalan-jalan perumahan dan pinggir-pinggir jalan kecil, hampir tidak ada sampah secuil pun bertengger. Hal ini dikarenakan budaya masyarakat Jepang yang sangat memperhatikan dan mengedepankan kebersihan. Rasanya mau guling-gulingan di jalan, saking senengnya tidak ada sampah berserakan. Tidak hanya sampah, termasuk juga rokok. Di Jepang urusan rokok pun sangat diatur, Jepang melarang masyarakatnya merokok di sembarang tempat. Tersedia smoking area untuk mereka yang ingin merokok, dan jangan harap nemu sampah puntung rokok di jalanan, asli bersiiih.

Ngaso abis jalan jauh
Jalan raya yang kosong akan sampah
Jepang menyediakan banyak tempat sampah di sepanjang jalan dengan konsep sampah organik dan non organik. Tidak sulit menemukan tempat pembuangan sampah sehingga tidak ada alasan untuk membuang sampah sembarangan di Jepang. Saking mendarah daging akan kebersihan ini pun sudah ditanamkan ke anak-anak. Saya diceritakan oleh rekan saya yang punya pengalaman unik di Jepang. Saat itu ia sedang menaiki kereta Subway Jepang, dan ia berdiri tidak jauh dari seorang anak laki-laki bersama Ibunya. Anak tersebut kurang lebih berusia 4 tahun, ia sedang menggenggam kaleng yang berisi permen kecil berwarna warni. Karena ia tidak berhati-hati membuka tutup kaleng tersebut, entah mengapa kaleng tersebut jatuh berserakan ke lantai kereta. Tanpa dikomando oleh Ibunya, anak laki-laki tersebut secara otomatis memunguti permen yang berserakan di lantai dan menaruhnya di atas tissu kemungkinan untuk dibuang. Sedangkan permen-permen yang selamat dan tidak jatuh ke lantai, segera ia simpan dan menutup kembali kalengnya. Luar biasa, anak kecil saja sudah bisa berinisiatif akan kebersihan tanpa diperintah maupun diarahkan oleh orang dewasa yang mendampinginya.. 

Model tempat sampah paling simple di tempat umum
Saya juga menemukan bermacam-macam tempat sampah ketika di salah satu lokasi wisata. Biasanya di Indonesia hanya dibedakan sampah kering dan basah, atau organik dan non organik. Namun tempat sampah di Jepang jauh lebih spesifik. Ada tempat sampah khusus sampah yang bisa dibakar, sampah berbahan styrofoam, sampah minuman kaleng, sampah botol plastik, sampah botol atau segala macam berbahan gelas/kaca. Jepang juga membuat edukasi jenis-jenis tempat sampah ini dengan gambar kartun yang menarik. Memang hampir semua pesan edukasi maupun informasi di Jepang pasti menggunakan kartun daa gambar selain ingin menunjukkan identitas diri bahwa Jepang memang negara Anime, hal ini juga untuk memudahkan masyarakat memahami pesan yang disampaikan. Orang akan lebih tertarik dan mengerti ketika sebuah pesan disisipkan dengan visual gambar.

Semoga budaya bersih di Jepang bisa ditularkan ke Indonesia ya, setidaknya memulai dari diri sendiri untuk membuang sampah pada tempatnya dan mengajak orang lain untuk menjaga kebersihan bersama. Karena dalam Islam saja sudah jelas, kebersihan itu sebagian dari iman, kan? -Noni Halimi

Ini jalanan kampungnya, sama bersihnya

No comments:

Post a Comment