Thursday, June 12, 2014

Hasanah

Hasanah adalah kebaikan.
Berpikiran baik, berkata baik dan berbuat baik.

Jangan ragu untuk berbuat kebaikan. Jangankan sudah berbuat kebaikan, baru berniat berbuat kebaikan saja sudah bernilai pahala. Dari Abul ‘Abbas Abdullah bin ‘Abbas bin Abdul Muthoolib rodhiyallahu anhumaa dari Rasulullah sholallahu alaihi wa salam bersabda :
"Allah menulis kebaikan dan kejahatan," selanjutnya beliau jelaskan: "Siapa yang berniat kebaikan lantas tidak jadi ia amalkan, Allah mencatat satu kebaikan di sisi-Nya secara sempurna, dan jika ia berniat lantas ia amalkan, Allah mencatatnya sepuluh kebaikan, bahkan hingga dilipat-gandakan tujuh ratus kali, bahkan lipat-ganda yang tidak terbatas, sebaliknya barangsiapa yang berniat melakukan kejahatan kemudian tidak jadi ia amalkan, Allah menulis satu kebaikan disisi-Nya secara sempurna, dan jika ia berniat kejahatan dan jadi ia lakukan, Allah menulisnya sebagai satu kejahatan saja."

Jangan menunda berbuat baik.
Bila kita menunda-nunda amal baik bisa menyebabkan niat kita menjadi berubah. Karena ketika kita menunda-nunda berbuat baik sama dengan saja membuka kesempatan pada hawa nafsu dan kepada syetan untuk mengganggu dan menggoda diri kita untuk tidak melakukan kebaikan.

Jangan khawatir berbuat baik

Tiap tiap kebaikan yang kita lakukan akan mendapatkan balasannya
Barangsiapa mengerjakan kebaikan sebesar dzarrah, niscaya akan melihat balasannya. Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan sebesar dzarrah, niscaya akan melihat balasannya pula (QS Al Zalzalah [99]: 7-8).
Dalam diri kita sesungguhnya telah tertanam benih-benih kebaikan sejak lahir dan secara fitrah ada keinginan untuk berbuat kebaikan dan menjadi manusia yang baik.

Sebetulnya kebaikan yang kita lakukan adalah untuk diri sendiri seperti firmanNya:
“Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri. (QS. Al Isra:7)

Bagaimana perhitungan balasan kebaikan dan kejahatan?
"Dan setiap kebaikan yang kita lakukan akan dibalas dengan kebaikan pula" (QS. Ar Rahmaan : 60)

"Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; Dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan)". (QS. Al-An’aam: 160)

Ramadhan semakin dekat, bulan dilipatgandakan segala kebaikan yang kita lakukan. Marilah kita mulai mengisi kegiatan keseharian kita dengan berbuat kebaikan sebanyak-banyaknya. Rencanakan kebaikan yang akan kita lakukan untuk hari ini dan dan hari esok. Kebaikan yang konsisten akan semakin baik.

No comments:

Post a Comment