Sunday, June 1, 2014

Sate Sobikun Ponorogo

Saya penggemar makanan olahan bumbu kacang, contohnya sate. Namun saya agak pilih-pilih kalau beli sate, masalah hidup saya adalah kulit kenyel-kenyel seluruh lauk, pun demikian dengan kulit ayam. Jika saya pesan sate ayam maka praktis kulit ayam kenyel-kenyel tidak saya makan, tapi saya kasih ke partner makan saya. Akan lebih menyenangkan lagi kalau bisa pesan sate khusus daging ayamnya saja seperti di Sate Khas Senayan atau Sate Seberang RSPP Kebayoran Baru. Itu salah satu lapak sate yang saya suka, bumbunya sedap, satenya khusus daging ayam. Dijamin ludess saya makan.

Ngomong-ngomong soal sate, juara sate se-Indonesia Raya ini masih dipegang oleh Sate Ponorogo. Itu sate rasanya enak sedunia, bukan lagi enak se-Indonesia kayaknya sih. Bisa pesan sate khusus daging ayamnya saja dan bumbunya super lembut dan gurih. Lontongnya pun tekstur halus dan berwarna hijau akibat bungkusan daun pisang dan dimasak dengan tungku bahan bakar kayu. Persis buatan Ibu saya. Aissh sedaplah.

Jika kita ke Ponorogo, maka hampir sepanjang jalan protokol Ponorogo buka lapak jualan sate. Jangan heran juga, hampir seluruh lapak satenya enak. Super. Salah satu tempat yang cucok untuk makan sate yakni Sate Sobikun, letaknya di Kampung Sate, Ponorogo. Akses menuju ke sana memang melewati perkampungan, jalannya cukup sempit dan berliku, serta sedikit2 pasti ada plang jual sate Ponorogo. Persisnya tempat ini plangnya cukup besar bertuliskan Sate Sobikun. Parkirannya juga cukup luas.
Rasa satenya sungguh memanjakan lidah. Tidak hanya sate ayam khusus daging dan ayam khusus kulit saja, tapi juga ada sate kambing yang nggak kalah juaranya. Pokoknya kalau berkesempatan ke Ponorogo, sungguh nyesel kalau gak mampir beli sate. Yuk dicoba :D

Sate Sobikun, Kampung Sate, Ponorogo

No comments:

Post a Comment