Monday, December 7, 2015

Tips Belanja Kebutuhan Bayi

Kata orang dulu sih jangan belanja perlengkapan bayi kalau masih usia kehamilan 4 bulanan, nanti saja kalau sudah lewat. Namun bukan berarti tidak boleh mempersiapkan jauh hari. Menurut saya bukan soal pamali, saya tidak percaya pamali-pamali-an. Nggak boleh kalo kata agama. Saya berpikir logis juga dilarang beli ini itu saat usia kehamilan 4 bulan, karena gender si jabang bayi masih belum jelas. Dikhawatirkan calon Ibu membeli banyak barang dengan gender tertentu, ternyata bayinya beda gender. Kan mubazir nantinya. Misal calon Mama sudah membeli banyak barang khas bayi perempuan, namun ternyata bayinya laki-laki. Kalau mau beli yang unisex atau standar sih tidak masalah ya. Menurut saya waktu yang tepat untuk membeli perlengkapan bayi memang usia kehamilan 7 bulan. Mengapa?
  • Saat trimester awal baik trimester 1 dan 2 kondisi janin masih belum stabil dan risiko misscarried lebih besar bisa terjadi. Kondisi calon Mama saat trimester awal juga masih dirundung morning sick dan semacamnya. Alangkah bijaknya jika di awal kehamilan, calon Mama fokus dulu saja menjaga asupan makanan dan istirahat yang cukup.
  • Awal trimester 3 atau usia kehamilan 7 bulan menurut saya paling cucok untuk belanja, karena kondisi calon Mama sudah jauh dari morning sickness, nafsu makan sudah kembali normal bahkan cenderung membludag dan sudah terbiasa dengan perubahan bentuk tubuh saat hamil.
  • Pada saat itu, kondisi janin sudah diketahui gendernya, jadi calon Mama bisa belanja dengan menyesuaikan gender. Misal calon baby perempuan, maka biasanya akan banyak belanja barang berawarna pink yang imut-imut.
  • Saat usia kehamilan makin besar, maka calon Mama sudah cukup banyak mendapatkan informasi mengenai keperluan calon bayi, baik dari googling sana sini, tanya temen, saudara, kenalan dan lain sebagainya. Jadi manfaatkan waktu sebaik-baiknya. 

Belanja kebutuhan bayi memang disarankan untuk membeli langsung ke tokonya. Walaupun saya penggemar online shopping, namun untuk membeli kebutuhan bayi, saya tidak merekomendasikan secara online. Lebih  baik datang langsung ke tokonya. Saat kita datang ke tokonya, kita bisa melihat langsung barang yang akan dibeli, ukuran sebesar apa, bahannya bagus atau tidak. Karena calon Mama pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk calon putra putrnya bukan? Selain itu, berbelanja ke toko perlengkapan bayi bisa jadi inspirasi belanja kita. Saking banyaknya yang dijual terkadang list barang yang sudah kita catat sebelumnya di rumah, adaaaa saja yang kurang. Nah lihat-lihat saja ke dalam toko perlengkapan bayi tersebut, kira-kira apa yang kurang?


Mengenai toko kebutuhan bayi, saya berbelanja di Mae Bebe Bintaro. Toko mungil nan sempit ini terbilang cukup famous dikalangan Mama Mama Muda. Bagaimana tidak, toko ini cukup strategis, barang yang dijual cukup lengkap, dan pastinya yang bikin orang rela jauh-jauh ke sini adalah harganya yang sangat bersahabat. Saya banyak membandingkan harga kebutuhan bayi dengan merek yang sama diberbagai toko, dan rata-rata harga di Mae Bebe jauh lebih murah. Lumayan banget kan Mah, kalau beli banyak. Bisa hemat berapa cobaa... *tetep yaa emak-emak. Mae Bebe ini bisa beli barang dalam jumlah satuan lho, dan enaknya adalah self service alias ambil sendiri, jadi pastikan bawa list belanjaan ya!

Namun sayang disayang, tempatnya super mungil. peminatnya super banyak, dan kasirnya terbatas. Kalau mau belanja ibarat gang senggol, nyempil-nyempil, apalagi banyak Ibu hamil jadi makan tempat *eh dan lagi antri kasirnya yang super panjang. Memang butuh kesabaran kalau mau belanja di Mae Bebe. Saran saya, datang ke Mae Bebe pagi-pagi saat baru buka sekitar jam 9, lewat dari itu atau bahkan menjelang Dzuhur sudah membludag peminatnya. Atau bisa datang sekitar jam 2 ketika itu pengunjung sudah mulai pulang. Nah menjelang sore kembali ramai, sampai bikin macet jalan raya karena mobil-mobil yang parkir ke Mae Bebe hehehe.

Toko perlengkapan bayi yang cukup lengkap dan lumayan murah ada di Fanny Baby Shop ITC Kuningan. Toko ini menjual banyak perlengkapan bayi dengan harga yang cukup mirip dengan Mae Bebe. Namun bedanya di Fanny Baby Shop kita tidak bebas memilih barang, kita hanya menyebutkan barang yang dibutuhkan, lalu mbak-mbak pelayan toko akan mengeluarkan beberapa merek barang yang kita butuhkan. Misal kita ingin membeli baju lengan pendek, maka pelayan toko langsung mengeluarkan merek Velvet dan Libby walaupun di toko tersebut masih ada beberapa merek yang lain. Keuntungannya berbelanja di sini adalah kita akan dilayani pembeliannya oleh pelayan toko sehingga waktu yang kita butuhkan untuk berbelanja lebih efisien, terlebih jika kita sudah memiliki list barang belanjaan yang akan dibeli.

Mae Bebe Bintaro
Jl Bintaro Utama V EA-1/5
Bintaro Jaya Sektor 5
Tangerang

Fany Baby Shop ITC Kuningan
Lantai 4 ITC Kuningan Blok D9 No 3A
Lantai 4 ITC Kuningan Blok C8 No. 1-3

Salam,
Noni Halimi

No comments:

Post a Comment