Tuesday, October 6, 2015

Japan Trip : Shibuya Crossing + Shibuya 109 (01 Nov 2014)


Shibuya merupakan salah satu tempat terkenal di Tokyo dengan ciri khas hiruk pikuk kota metropolitan, salah satu pusat mode dan fashion Jepang, serta salah satu pusat perbelanjaan dan bisnis di kota Tokyo. Saking sibuknya kota ini seperti hampir tidak pernah tidur, selalu ramai akan pengunjung. Salah satu tempat khas di Shibuya ini adalah perempatan jalan raya yang penuh lalu lalang kendaraan dan pejalan kaki, sudut kota Shibuya tersebut sering disebut dengan Shibuya Crossing atau Persimpangan Shibuya.

Shibuya Crossing ini sangat fenomenal karena ribuan pejalan kaki berkumpul silih berganti menyebrangi persimpangan Shibuya, saling bersilangan satu sama lain dengan irama yang cepat. Setiap dua menit sekali lampu hijau untuk pejalan kaki menyala, tiba-tiba entah dari berbagai penjuru begitu banyak manusia yang menyebrang. Hingga lampu untuk pejalan kaki mati bergantian dengan kendaraan, maka dalam hitungan detik jalan raya sudah bersih dari manusia, bergantikan kendaraan. Pejalan kaki yang super penuh tersebut bergerak berpacu dengan waktu. Fenomena lalu lalang di Shibuya Crossing hingga pengosongan jalan raya dari manusia untuk dilewati oleh kendaraan menjadi pemandangan yang sangat unik dan seru untuk dinikmati bagi turis yang berkesempatan ke Shibuya.

Shibuya Crossing
Semakin malam maka semakin ramai, terutama jika hari libur. Saat saya ke Shibuya saat itu sudah malam hari dan turun hujan sehingga tidak bisa mengabadikan fenomena Shibuya Crossing dengan maksimal, namun saya tetap bisa merasakan aura kesibukan Shibuya malam tersebut. Orang datang dari berbagai arah persimpangan jalan berkumpul dalam satu titik dan bersilangan. Yang mendebarkan adalah ketika kita menyebrang jalan, saking banyaknya persimpangan, jika kita tidak konsentrasi menyebrang ke arah mana, maka kita bisa terbawa arus orang-orang. Semua bergerak cepat dan tergesa.

Jadi inget komik Gals
Sudah hampir tutup
Persis di depan Shibuya Crossing terdapat gedung Shibuya 109, yakni sebuah toko serba ada yang merupakan ikon distrik Shibuya. Pada awalnya Shibuya 109 merupakan toko-toko busana wanita usia 25 sampai 30 tahun, namun kini sudah bergeser menjadi tren anak muda sehingga kawasan ini jauh lebih banyak didominasi oleh kaum muda usia remaja. Mereka sering berkumpul, berbelanja dan sekedar duduk-duduk di Shibuya 109 dengan mengenakan berbagai macam kostum unik. Jika kamu ingin berbelanja di Shibuya 109 maka kamu akan banyak menemukan fashion trendy Jepang dengan berbagai mode. Jika beruntung, maka kamu bisa mendapatkan dengan harga murah, karena tidak jarang juga toko-toko di Shibuya 109 yang memberikan diskon besar-besaran. Untuk melihat informasi toko setiap lantai dan barang apa saja yang dijual di Shibuya 109, maka kamu bisa mengakses http://www.shibuya109.jp/en/



Salam,
Noni Halimi

No comments:

Post a Comment