Tuesday, October 6, 2015

Japan Trip : Meet Gundam Odaiba (02 Nov 2014)

Odaiba merupakan pelabuhan di kota Tokyo. Letaknya cukup jauh jika kamu berjalan kaki dari pusat kota Tokyo ke sini (Ya kaliii). Karena jaraknya cukup jauh maka saya sarankan untuk menaiki kereta. Saya memulai perjalanan dengan menaiki kereta dari stasiun Toobu Asakusa, kemudian kami menaiki kereta Toei Subway Line menuju stasiun Shimbashi. Dari stasiun Shimbashi kami berpindah haluan menuju stasiun Daiba melalui Yurikamone Line. Biaya kereta dari Shimbashi ke Daiba adalah 310 yen. Saya pernah membaca di salah satu blog bahwa untuk menuju ke Odaiba bisa menaiki bus Amphibi. Bus ini bisa berjalan di darat maupun di air. Namun harganya cukup mahal yakni 1500 yen. Dengan biaya cukup besar itu kamu bisa menikmati menaiki mobil dua alam, yeaayy..

Pemandangan jalur kereta menuju Odaiba sangat cantik, mirip dengan perjalanan menuju Sentosa Island di Singapura. Sisi kiri dan kanan kereta dihiasi oleh laut, dan rel kereta melintas di sisi laut. Sesampainya di Odaiba, sudah ramai pengunjung yang mayoritas anak-anak. Ternyata oh ternyata hari mendung. Maklum saat itu musim gugur, jadi cuaca cenderung gloomy, mendung, dingin, dan angin sepoy-sepoy. Suhu rata-rata sekitar 10 derajat Celcius. Dari Stasiun Daiba kamu tinggal berjalan kaki ke arah pantai. Di sekitar pantai terdapat taman untuk duduk-duduk bersantai. Banyak masyarakat Jepang yang menggelar tikar dan bersantai sambil makan dan minum di sana. Tidak jarang juga yang berjalan-jalan sambil membawa anjing mereka. Penuh dengan orang yang duduk santai sambil makan ala piknik, jangan berpikir di sana banyak sampah. Tidak ada sama sekali sampah yang berserakan, semua bersih. Mereka biasanya membawa plastik sampah sendiri untuk dikumpulkan, baru kemudian dibuang ke tempat sampah. 

Pantai di Odaiba
Cheers
Jembatan di dekat pantai
Ada dua bangunan yang saya temukan di sekitar pelabuhan Odaiba tersebut yakni Divercity Building dan Fuji TV. Bangunan tersebut sangat mencolok dari segi bentuk dan besarnya. Kami berencana ke Divercity Building yang terdapat robot Gundam ukuran jumbo di bagian halaman depan gedung. Caranya kamu hanya menyusuri lewat pantai tempat orang-orang piknik, kemudian menaiki tangga, lalu kamu akan menemukan ikon Liberty mini, jangan lupa untuk berpose. Jalan terus mengikuti arus orang, percayalah robot Gundam tidak jauh dari sana. Hingga kamu menemukan taman yang luas, baru deh bingung hehehe. Ternyata robot Gundam berapa persis dibalik gedung dekat taman yang luas tersebut. Jangan malu untuk bertanya kepada orang sekitar dimana letak Gundam Robot. 
 
Waktu saya muter-muter nanya orang dimana letak Gundam Robot, ada beberapa orang Jepang yang tidak mengerti apa yang kami tanyakan. Dalam hati, masa sih nggak ada yang tahu dimana letak robot segede gaban itu... Padahal kami menanyakan dengan bahasa Inggris juga, Gundam Robot (baca : gun-dam ro-bot). Setelah tanya ke beberapa orang, ada orang Jepang yang mengerti dan berkata "Haaii... Gundam (baca : gan-dem). Ia lalu menunjukan arah menuju ke sana. Kami mengangguk-angguk mengerti, apa daritadi salah ngucapinnya ya? Harusnya bacanya gan-dem, bukan gun-dam. Hahaha maklum bukan maniak Gundam. Biasanya saya menyebutnya ya Gundam Wing, Gundam Seed. Kalau saya googling, orang Jepang pasti akan lebih familiar lagi kalau kita menyebutnya Japanese: ガンダム Hepburn: Gandamu.

Mini Liberty Statue
Robot Gundam ini memang luar biasa besar, setinggi gedung. Tidak heran lokasi ini menjadi salah satu tempat favorit anak-anak untuk bermain dan berfoto. Tidak hanya itu, Gundam Robot juga merupakan incaran wisata turis yang datang ke Jepang. Entah berapa jam sekali akan ada atraksi Robot Gundam, yakni terdengar backsound khas Anime Gundam, dan robot yang besarnya luar biasa itu bisa mengeluarkan asap bahkan menggerakkan tangannya sedikit ke depan dan ke belakang. Bagian kepala juga bergerak ke kiri dan ke kanan. Hanya gerakan itu saja? Iyaa... itu saja. Ngeri bener membayangkan kalau robot itu bisa bergerak yang lebih luwers seperti lompat bahkan berjoget atau goyang hula hup.

Persis di dekat robot Gundam terdapat Gundam Cafe, yakni tempat untuk memesan makanan dan minuman. Ada pula toko yang menjual souvenir dan pernak pernik Gundam. Bagi penggemar Gundam pasti akan kalap di sini. Berhubung saya bukan penggemar Gundam, maka liat robotnya juga sudah puas. Tidak jauh dari toko souvenir terdapat juga museum Gundam yang bernama Gundam Front, tiket masuknya seharga 1200 yen. 

Gundam Front
Gundam!!
Di belakang robot Gundam terdapat bangunan yang bernama Divercity Building, saya sempat masuk ke dalam, isinya kurang lebih sama dengan mall. Penuhnya luar biasa dan mayoritas anak-anak. Bahkan untuk ke toilet saja antrii cyiin saking penuhnya. Tapi berhubung toiletnya juga banyak jadi tidak perlu menunggu lama walaupun antrian panjang huehehehhe... Berminat foto bareng Gundam robot? Yuk, ke Odaiba :D



Salam, 
Noni Halimi

No comments:

Post a Comment