Tuesday, October 6, 2015

Japan Trip : Hachiko Statue (01 Nov 2014)


Pernah melihat icon patung anjing yang ada di salah satu pusat kota di Jepang? Pastinya pernah ya. Icon tersebut tidak lain adalah Hachiko Statue yang berada di Shibuya, Tokyo, Jepang. Daerah Shibuya memang terkenal dengan pusat perbelanjaan dan fashion di Tokyo, Jepang. Tak heran sepanjang Shibuya bertebaran pusat perbelanjaan dengan berbagai merek dari low hingga high class. Shibuya juga konon merupakan tempat nongkrong anak muda Jepang yang memiliki passion dalam fashion, karena itu Shibuya hampir tidak pernah sepi pengunjung entah untuk berbelanja atau sekedar duduk-duduk. Salah satunya di spot patung Hachiko.

Namun demikian, walaupun identik dengan fashion, dengan adanya patung Shibuya ini membuktikan bahwa Shibuya tidak hanya menampilkan sisi fashion, metropolitan dan modern namun juga sisi kesetiaan, seperti yang diperlihatkan dalam sejarah patung Hachiko. Patung ini merupakan seekor anjing berjenis akita, yang konon ia setia menunggu majikannya setiap hari dari pulang bekerja di depan stasiun tempat ia bekerja. Hachiko setiap hari setia menemani majikannya setiap hari mengantarkan ke stasiun dan menunggu majikan mengelus kepalanya, kemudian setelah majikannya masuk ke gerbong kereta, ia memandangi sampai pemandangan tersebut hilang. Kisah dua sahabat yang sangat mengharukan, hingga akhirnya majikan tersebut tidak pernah kembali lagi dan Hachiko tetap setia menunggu sampai kemudian ia juga mati. Sebagai penghargaan atas kesetiaan Hachiko kepada majikannya, maka pemerintah Jepang membuat sebuah patung di depan stasiun Shibuya dan diletakkan persis di mana ia selalu menunggu. Patung ini menjadi simbol kesetiaan dan kini menjadi salah satu objek wisata di Tokyo.

Patung Hachiko ini sangat legendaris dan salah satu spot yang harus dikunjungi ketika ke Tokyo oleh para turis. Saking terkenalnya patung ini, jika kita ingin berfoto kita mesti rela antri dan bergantian, karena hampir semua turis yang mampir ke Shibuya pasti menyempatkan diri untuk sekedar berpose dengan Hachiko. Dari pagi, siang, sore, malam, kawasan taman Shibuya sekitar patung Hachiko tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan ketika hari hujan sekali pun. Tidak sulit untuk menemukan Hachiko Statue, apalagi kalau banyak bertanya (hehehehe). Saat saya berkesempatan untuk ke Shibuya kebetulan sudah malam hari dan kondisi turun hujan. Kirain bakal sepi. Saya berpikir “Aah udah malem, hujan pula, pasti sepi lah itu patung” Ternyata dugaan saya salah. 

Febi, Adik saya, dan Saya
Hujan-hujanan bareng Hachiko
Sepanjang taman patung Hachiko masih ramai lalu lalang orang baik yang mengenakan payung maupun jas hujan. Mereka antri foto di depan patung Hachiko, ada yang sekedar duduk-duduk. Saya juga cukup heran, betah banget ABG Jepang duduk-duduk di tengah gerimis hujan seperti ini. Saya pun mengantri untuk ikut foto dengan patung Hachiko yang melegenda tersebut. Sayangnya saya hanya mengambil beberapa foto saya akibat antrian di belakang saya masih ada. Kalau kosong mungkin sudah puluhan foto :P

----
Hachiko Statue
1 Dogenzaka
Shibuya Station
Shibuya 150-0043,
Prefektur Tokyo


Salam,
Noni Halimi

No comments:

Post a Comment