Tuesday, October 13, 2015

Japan Trip : Bagaimana Cara Penggunaan Vending Machine di Jepang

Begitu banyaknya vending machine yang berceceran di Jepang memang sangat memudahkan masyarakat Jepang dan turis dalam membeli sesuatu. Tidak hanya menjual minuman, namun vending machine yang ada di Jepang juga menjual barang-barang lain seperti es krim, rokok, makanan beku yang bisa dihangatkan, payung, bunga, sepatum dasi dan lain sebagainya. Kalau kamu pergi ke Jepang sudah pasti harus tahu cara pembeliannya supaya nggak ndeso-ndeso banget gituuu... Berikut cara penggunaan vending machine :

1. Dekati vending machine yang akan kamu beli, lihat barang dagangannya dengan seksama, misalnya minuman. Lalu pilih dalam hati saja minuman yang akan kamu beli, Ingat, dalam hati saja. Tidak perlu laporan sama orang-orang yang berjalan di sekitar kamu atau meneriakkan minuman pilihan kamu. Pliss, jangan lakukan itu.

2. Lihat harganya, sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Kalau kamu hanya memegang uang 100 Yen, tolong jangan sok-sok-an ingin membeli minuman seharga 160 Yen, karena nggak akan keluar dari mesin kalau uangnya kurang.

3. Masukkan uang senilai harga minuman yang ingin kamu beli atau lebih besar dari harga tersebut. Misalnya harganya 130 Yen, maka kamu bisa memasukkan uang pecahan 100 Yen + 10 Yen + 10 Yen + 10 Yen. Jika kamu tidak memiliki uang receh 30 Yen, maka kamu bisa memasukkan 200 Yen (Cieee gayaaa...)

4. Tunggu lampu indikator menyala.

5. Tekan tombol dibawah replika minuman yang kamu inginkan. Kalau warnanya hijau artinya barang masih tersedia, namun kalau berwarna merah berarti stocknya habis, kamu belum beruntung, mungkin coba lain kali. Pilih yang ada stocknya saja ya.

6. Tidak lama kemudian akan keluar suara minuman jatuh dari bawah mesin tersebut, ambil minuman yang sudah jatuh di tempat pengambilan barang.

7. Jika kamu memasukkan uang lebih dari harga yang tertera, maka setelah barang kamu ambil akan keluar kembalian dari bagian tengah mesin. Tidak perlu malu-malu, ambil sisa kembalian kamu, saya tahu kamu masih butuh *laaah

Demikian tata cara penggunaan vending machine di Jepang, mohon dipergunakan sebagaimana mestinya. Selamat menikmati :)



Salam,
Noni Halimi

No comments:

Post a Comment