Sunday, December 14, 2014

Berburu Bahan Kebaya Pernikahan

Salah satu kerjaan persiapan pernikahan yang seru adalah hunting bahan kebaya untuk keluarga, among tamu dan lain sebagainya. Saya pribadi dan mas-nya tidak berniat untuk membeli bahan kebaya dan menjahit kebaya, karena kami mendapatkan pinjaman busana untuk akad dan resepsi dari catering. Kalau dipikir-pikir akan sayang sekali beli bahan mahal, jahit kebaya dress atau kebaya modern dengan ongkos jahit yang cukup mahal, dipakai hanya sekali seumur-umur. Maka kami berdua sepakat untuk mengambil fasilitas dari catering kami. Jadi pengembaraan kami mencari bahan hanya difokuskan untuk mencari bahan untuk keluarga dan among tamu.

Pagi hari sekitar pukul 09.00 bel rumah sudah berbunyi dan saya masih sibuk di kamar mandi haha. Alhasil si mas menunggu saya kelar beres-beres. Ternyata dia datang bersama kakak dan keponakannya, si Nabil. Aaaakhhhh! Terdengar suara dari lantai bawah, Nabil ngoceh-ngoceh, saya langsung lari turun ke ruang tamu. Yeaaayyy! Kami berencana mencari bahan di toko langganan Mbak Wiwin (kakak-nya si mas), namanya Mega Fashion Textile and Tailor, katanya sih lumayan lengkap dan murah harganya. Tanpa mikir panjang kami langsung meluncur ke Mayestik. Beruntung kami sampai ke Mayestik belum tengah hari, jadi belum terlalu panas.

Tokonya dekat dengan gerbang pintu keluar Mayestik. Jadi kalau kamu masuk dari gerbang pintu masuk utama (persis sebelah BNI Mayestik) kami masuk dan belok kiri ikuti jalan luruuuussss terus. Tokonya ada di kiri jalan hampir ke arah gerbang pintu keluar Pasar Mayestik. Saya dilayani oleh petugas yang bernama Mas Yudi yang memang sudah dikenal oleh Mbak Wiwin. Selama 3 jam kami muter-muter mencari bahan dan warna yang sesuai selera, tentunya sesuai dengan kantong juga hehehe.

Saking banyaknya bahan yang dijual di sini, saya punya beberapa saran :
  1. Buat list berapa set bahan yang akan kamu beli. Misal kamu akan membeli busana Akad Nikah, busana Resepsi, busana resepsi Orang tua, busana resepsi keluarga inti kakak adik, busana resepsi keluarga inti orang tua (pakdhe budhe, om, tante), among tamu dan sebagainya. Untuk membuat satu busana kebaya atasan biasanya membutuhkan 2 meter brukat, 2 meter kain lapisan dalam, jilbab untuk yg mengenakan jilbab
  2. Tentukan dulu budget per meter yang akan kamu keluarkan. Misal kamu memberikan budget per meter maksimal Rp. 40.000 atau maksimal Rp. 60.000. Setelah itu, tentukan warna dominan apa yang akan kamu ambil. Informasikan hal tersebut kepada petugas, sehingga kamu akan dicarikan harga bahan dan warna yang kamu kehendaki. Kamu akan diberikan kain-kain dengan warna dan harga sesuai yang kamu minta. Pilihlah dari kain-kain yang sudah dicarikan oleh petugas itu. Hal itu untuk meminimalisir melihat-lihat bahan secara random. 
  3. Namanya pasar, pasti tetap ada konsep tawar-menawar. Terlebih lagi namanya Ibu-Ibu pasti tidak lepas dari nawar harga. Walaupun harganya sudah murah tapi kalau nggak ditawar rasanya ada yang kurang begitu. 
  4. Karena Mayestik penuh dan panas, saya sarankan untuk datang sebelum pukul 12 siang. Sebenarnya sih di dalam ruangan Mega Fashion dingin dan ber-AC, tapi luar ruangannya itu lho, super panas kalo terlalu siang. 
  5. Tips terakhir, Kamu datang ke Pasar Mayestik yang menyuguhkan jajanan-jajanan lawas yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Tunggu apa lagi, selama berbelanja atau setelah berbelanja panggil abang-abang jualan dan beli makanan minuman mereka. Dari kue cubit, kue laba-laba, pukis, cendol, dawet, tahu gejrot, kue rangi, manisan nenek sihir, dan masih banyak lagi. Sayang banget kalau dilewatkan! Iyaa.. tau..ini gak nyambung sama tips beli bahan di atas. Abaikan saja.
Harga yang ditawarkan beragam dan jenis bahannya juga beragam. Ada brukat Prada dengan jenis lace warna pink harganya 150.000 per meter. Untuk kebaya orang tua banyak pilihan brukatnya, dari yang simpel sampai yang sudah dipayet. Harga kain yang sudah dipayet berkisar 350.000 sampai 500.000 per meter. Mahal? Emang. Tapi jangan khawatir, masih seabrek lagi harga brukat yang murah mulai dari 20.000, 30.000, atau 40.000 per meter kok. Bahkan mereka jg menyediakan paket seragam brukat termasuk daleman chiffon dengan harga 150.000 per stel. Pintar-pintar saja dalam memilih. Selain bahan kebaya, mereka juga menjual kain motif songket dengan bahan satin. Harganya hanya 20.000 saja namun warna dan motifnya sangat cantik.

Untuk yang berniat ke Mega Fashion Textile and Tailor, bisa ke Jl. Tebah III No. 20 CD, Mayestik Jakarta Selatan. Telp. (021) 72794038, 72798846 atau 95203377.

Semoga membantu para calon manten,
Noni Halimi





3 comments:

  1. Trim's artikelnya sangat bermanfaat, ditunggu artikel berikutnya ya, dan terus berkarya. kita bangun bangsa ini dan terus isi kemerdekaan. Merdeka

    ReplyDelete
  2. Jiah si noni.. gak berubah.. suka cuap2 sendiri.. hahahaha :D
    Jadi juga sama si putro :D

    ReplyDelete
  3. Halo, nama saya Nona. Utari wirmayaty, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk memastikan mereka berlaku untuk perusahaan yang sah, agar tidak jatuh ke tangan yang salah. Saya menempuh jalur pinjaman tahun lalu dari bank tapi tidak ada hasil yang positif. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman disebut gloryloanfirm sangat handal, mereka meminjamkan tahun baru pinjaman tanpa jaminan jumlah 350 juta dalam waktu kurang dari 12 jam tanpa stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk, dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji Ibu saya akan berbagi kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan semacam pinjaman, hubungi Ibu Glory melalui email: gloryloanfirm@mail.com.
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: utariwirmayaty@gmail.com

    uang tidak mudah untuk datang oleh hari ini, tapi kesempatan sedikit Anda miliki, Anda harus menghemat itu. Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran angsuran bulanan saya, yang saya kirim langsung ke rekening bank perusahaan.

    ReplyDelete