Wednesday, December 3, 2014

Patung Wat Po

Pernah melihat gambar patung Buddha warna emas yang sedang tidur di destinasi wisata Thailand? Saya sering sekali melihatnya. Nama tempat tersebut adalah Wat Po. Ini juga salah satu destinasi yang wajib untuk dikunjung (setidaknya bagi saya) di Bangkok. Wat Po atau Temple of The Reclining Buddha adalah kompleks vihara terbesar dan tertua di Bangkok. Vihara ini terkenal dengan patung Buddha rebah berlapis emas yang terbesar di dunia. Menurut kepercayaan Buddha, posisi patung rebah ini adalah posisi kenaikan Buddha ke nirwana. Ukuran patung Buddha ini mencapai 43 meter kali 15 meter.

Patung ini terdapat dalam satu ruangan yang terletak persis di dekat pintu masuk Wat Po. Patung ini hampir memenuhi seisi ruangan karena saking besarnya. Disekeliling patung Buddha ini terdapat jejeran mangkuk-mangkuk berwarna emas untuk mengisi koin. Jadi pengunjung yang datang ke sana meletakan koin koin mereka satu persatu ke dalam mangkok. Mereka antri dan berjejer satu per satu. Saya melihatnya mirip seperti main congklak, karena meletakan koin secara teratur dan berurutan.

Wat Po
Letak Wat Po ini tidak jauh dari Gran Palace, kamu hanya perlu berjalan kaki  untuk mencapai lokasi ini. Jika kamu tidak tahu, kamu bisa bertanya kepada pemilik toko-toko yang ada di area Grand Palace. Wat Po terletak di Sanam Chai Road. Tempat wisata ini buka setiap hari dari pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 17.00. Tiket masuk ke dalam Wat Po adalah 100 baht.

Salam bobo,

Noni Halimi 

No comments:

Post a Comment