Wednesday, December 3, 2014

Besar Besar Bangkok, Manis Manis Bangkok

Bukan isu lagi kalau Bangkok itu identik dengan yang besar besar. Sebut saja Durian Bangkok, sudah pasti kebayang besarnya itu Durian. Pepaya Bangkok, Jambu Bangkok maupun buah-buahan lain yang ada embel-embel Bangkok pasti sudah kebanyang kegedenya di atas rata-rata. Saya juga bingung sih, Thailand itu kalo nanem pohon gimana caranya kenapa buahnya bisa ekstra jumbo semuanya sih. Bukan Cuma buah-buahan sampai kucing yang saya lihat di Bangkok, dekat Masjid Chakrabongse pun seukuran anak anjing, Kucingnya gendut dan besar. Ya, khas Bangkok.

Bukan hanya besar, Bangkok juga identik dengan manis. Rasanya buah yang berasal dari Bangkok yang dijual ke Indonesia pasti rasanya manis. Sebut saja jambu bangkok yang warnanya hijau, rasanya super manis. Saya pikir itu hanya akal-akalan pengusaha saja biar jualannya laku. Maklum belum pernah ke Bangkok beneran, jadi bawaannya suudzon mulu *lah. Kali itu saya membuktikan sendiri soal buah Bangkok.

Ternyata Bangkok agak sebelas-dua belas dengan Jakarta. Bukan hanya soal waktu yang sama persis dengan Jakarta (tidak ada perbedaan waktu antara Bangkok dan Jakarta), namun juga soal abang-abang penjual rujak. Ternyata di Bangkok super banyak abang-abang di pnggir jalan yang jualan rujak. Mereka menggunakan gerobak yang berisi macam-macam buah. Eh gak macam-macam juga sih, lebih heboh buahnya Jakarta. Kalau di Bangkok biasanya hanya Mangga, Jambu Hijau, Jambu Merah. Jika di Jakarta menggunakan sambal kacang dan gula merah untuk sambalnya, maka di Bangkok hanya menggunakan bubuk rasa Pazzola saja. Dulu saya pernah mencoba Pazolla karena kebetulan Bapak saya entah dapat dari  mana. Rasanya manis, asam, asin, ramai rasanya. Tapi tidak pedas sama sekali. Sungguh orang Bangkok menyesal tidak merasakan rujak yang pedes sampe ke kuping.

Warna mangga Bangkok dan Jakarta sama, kuning. Tapi bedanya, saya yang udah ileran melihat mangga di gerobak abang-abang sudah membayangkan rasanya pasti asem, dengan tampilan super kuning. Ternyata salah dooonggg....Pada saat saya mencicipi satu gigitan mangga, luar biasa...rasanya manis! Saya pikir ah, paling cuma satu potog yang manis, diantara banyak potongan mangga yang ada, pasti yang lain asem! Ketika saya coba makan yang lain eh ternyata manis juga. Masih penasaran saya makan lagi potongan yang lain, masih manis juga, Saya tidak menyerah, saya coba lagi potongan-potongan yang lain sampai akhirnya itu seplastik mangga abis sama saya sendirian. Maapkan rasa penasaran sayaaaa rekan-rekan....*padahal emang doyan*

Masih agak gak rela bentuk mangga kuning gak menarik itu rasanya manis, malam harinya saya nyari abang-abang tukang jualan rujak. Ini bukan niat banget malem-malem nyari tukang rujak, tapi memang malam hari pun ini tukang rujak masih eksis aja jualan. Ibaratnya mereka jualan itu kayak pedagang cemilan buah keliling saja, yang bisa dimakan pagi siang sore malam. Kali ini saya dan rekan-rekan pesan mangga, jambu hijau dan jambu air merah ukuran jumbo. Dan luar biasanya itu buah gak ada asem-asemnya alias manis semua. Huh. Ini pasti konspirasi! Malam itu buah dikuasai oleh rekan saya yang lain supaya saya gak khilaf ngabisin sendirian.

Keesokan harinya saya melihat tukang jualan buah lagi, tapi ada buah kesukaan saya, apalagi kalau bukan strawberry. Bahkan strawberry dijadikan camilan yang dijual bebas seenak jidat. Kalau di Jakarta strawberry jadi buah mahal yang dibungkus rapi dalam plastik bening, kalo di Bangkok sih biasa aja dipotongin dan dijembreng barengan sama levelnya mangga kuning-kuning yang kemaren itu. Level ileran saya sudah mencapai titik maksimum yang artinya saya harus beli itu strawberry! Harganya memang lebih malah daripada harga mangga potong. Jelas saja, dimana-mana strawberry jadi buah mahal *kenapa jadi gue yang bangga*

Saya perhatikan dengan seksama kumpulan strawberry sebelum saya beli, tak lupa saya juga memperhatikan  isi dompet dengan seksama, memastikan masih ada uang untuk bayar ke ibu-ibu yang jual. Bentuk strawberry juga jumbo, tetap terlihat jumbo walaupun sudah dipotong. Jelas saja, strawberry Bangkok.  Diatasnya ditaburi oleh gula. Saya senang, akhirnya ada juga buah yang asem. Strawberry sudah pasti asem, ini makanya dikasih gula. Walau asem saya tetep cinta strawberry, justru makin asem makin seru. Saya dan rekan saya membeli satu gelas plastik strawberry. Iler hampir netes. Saat buah strawberry sudah masuk ke mulut....*tolong, ceritanya ini adegan lambat ya* saya mengunyah pelan-pelan, dan rasanya.......MANIS! Edan! Ini strawberry termanis yang pernah saya rasain seumur-umur. Bukan gegara gulanya yang cuma dikit ditabur diatasnya, bukan juga karena ibu yang jualan pelit ngasih gula yang sedikit, bukan juga karena duit saya yang udah abis hari itu jadi gak bisa nambah beli oleh oleh, bukan juga karena saya supir tuk-tuk yang heran ngeliatin kami makan strawberry lahap banget, bukan itu. Tapi ini strawberry emang manis dari sononyeeeeeee....Arrrghhh!!!!

Strawberry Jumbo
Poto dulu sama yang dagang
Tanpa komando dari pemimpin upacara, saya langsung ngabisin segelas strawberry tadi tanpas sisa. Setelah kejadian strawberry tadi, akhirnya saya nyerah aja dan mengakui kalau buah-buah Bangkok itu manis gilak! Pantes aja Bangkok ada oleh-oleh manisan buah, emang buah Bangkok itu top. Buat yang menjelajah Bangkok jangan pernah lupa untuk memanjakan lidah kalian dengan buah-buahannya. Dijamin gak nyesel. Okey bye!

Salam Besar-Manis,

Noni Halimi

No comments:

Post a Comment