Monday, April 28, 2014

Revisi Nama Penumpang Air Asia

Kamu pernah mengalami kesalahan penulisan nama penumpang di pemesanan tiket pesawat Air Asia di website? Berikut saya share pengalaman saya mengenai kesalahan penulisan nama penumpang di Air Asia.

Jadi awalnya saya memesan tiket melalui HP dan terdapat fasilitas autofill yakni saat mengetikan huruf langsung otomatis muncul kata yang biasanya diketik. Saya memesan tiket untuk penerbangan Jakarta – Tokyo Haneda dan kepulangan Osaka – Jakarta. Namun karena memesan via HP, saya salah menuliskan nama penumpang kedua yakni travelmate saya, Febiana Malini. Saya malah mengisi nama belakangnya yang seharusnya Malini menjadi Halimi (nama belakang saya) Walaahh. Memang cukup mirip sih Halimi dan Malini, hanya beda dua huruf saja. Ya human error saking lagi nggak konsen hunting tiket dalam keadaan nggak enak badan :P

Akhirnya pada saat tiket sudah dikonfirmasi pembayaran, barulah saya sadar saya salah mengisikan nama belakang penumpang. Kemudian esok harinya saya langsung menelepon ke call center Air Asia di 021-29270999 dan menanyakan mengenai perubahan atau revisi nama penumpang. Saya diharuskan untuk mengirimkan email ke indonesia-support@airasia.com yang berisikan permohonan penggantian nama belakang penumpang dari Halimi menjadi Malini beserta scan KTP dan Paspor yang bersangkutan. Setelah email dikirim, saya harus mengkonfirmasi kembali ke call center 4 jam setelahnya. Saya juga kurang paham mengapa harus menunggu 4 jam. 

Akhirnya setelah waktu yang ditentukan, saya menelepon kembali staff Air Asia dan memberitahu soal pengiriman email. Pihak Air Asia kemudian mencari data yang saya kirimkan dan membuat laporan perubahan nama penumpang, Awalnya saya hanya ingin mengubah nama belakang Halimi menjadi Malini. Namun ternyata di paspor rekan saya itu tertulis 3 suku kata, yakni Febiana Malini Marjoni (nama belakang adalah nama Ayahnya). Saat kami ke Kuala Lumpur sih tidak masalah tidak ada nama Marjoni, namun kata mas-mas call center Air Asia, akan lebih aman jika disesuaikan dengan pasport. Maka petugas tsb pun membuat laporan perubahan nama menjadi Malini Marjoni sesuai dengan KTP.

Petugas tsb juga mengatakan bahwa prosesnya jika ingin lebih cepat lagi, bisa melalui e-form yang ada di website Air Asia, dengan menceritakan keluhan dan permasalahan serta attachment dokumen yang dibutuhkan. Katanya lebih cepat. Itinerary baru yang sudah direvisi pun dikirman ke email.
Jika ada yang salah melakukan pemesanan tiket di Air Asia untuk nama penumpang, jangan khawatir, segera telepon call center dan isi e-form ya :) Semoga bermanfaat. – Noni Halimi 

13 comments:

  1. salam kenal mbak, saya winda.

    Mau nanya mbak
    Kalau kasus saya kebalikan temen mbak. nama saya kan 2 suku kata "Winda Lestari" trus sama temen saya ditambahkan nama Bapak Saya di belakang jadi Winda Lestari Priyambodo. Itu saya posisi belum punya paspor. Nah waktu paspor saya jadi ternyata nama saya cuma Winda Lestari. Itu kira2 bisa nggak nama di tiket saya Priyambodo-nya dihilangkan? Tiket saya Airasia juga mbak

    Makasih banyak mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Winda, mohon maaf baru lihat comment. Setahu saya bisa kok, kirim saja email dan e-form website AA, tulis permohonan kamu dan sertakan data pendukung KTP dan Paspor untuk pembanding.

      Jangan lupa untuk konfirmasi via telepon 2 jam setelah kamu kirim email agar permohonan segera diproses. Itinerary baru akan dikirim melalui email. Semoga berhasil :)

      Delete
    2. oke mbak. makasih banyak :)

      Delete
    3. Halo mba winda, saya juga ada masalah pada nama tiket air asia, contohnya LAUDYA CHINTYA BELLA dan yang benar adalah LAUDYA CHINTA, jadi harus hapus nama belakang dan huruf Y.
      Mba waktu revisi kemarin berhasilkah? Paspor sedang dalam proses dan flight tanggal 31 juli 2015

      Delete
    4. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Apakah akan dikenakan tambahan biaya? Terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Free, tidak dikenakan biaya tambahan apa pun mbak..

      Delete
  4. Mbk mau nanyak, saya semalam bookimg tiket , terus kan ada kolom name sama family name , terus saya isi nama saya di kolom name : Reno Syahputra , terus di family name saya tulis juga : Reno Syahputra
    Itu fatal atau bisa y mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas direvisi, hubungi Call Center Air Asia saja, nanti diminta untuk kirim data pendukung. Kalau sudah oke nanti akan dikirimkan Itinerary yang baru sudah direvisi melalui email.

      Delete
  5. permisi noni halimi, nama saya kan ARI WAHYU SANTOSO jd saya mo pergi ke singapura trus untuk pengisian form di air asia pd bagian nama depan dan belakang bagaimana? apakah nama depan : ARI WAHYU & nama belakang SANTOSO atau nama depan : ARI & nama belakang WAHYU SANTOSO?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru buka blog lagi, Nama Depan : Ari Wahyu. Nama Belakang : Santoso. Demikian juga untuk nama dengan 4 kata. 3 nama depan dan 1 nama belakang. Demikian semoga terbantu..

      Delete