Sunday, July 6, 2014

Sakinah Mawadah Rahmah

Ketika rekan-rekan, sanak saudara kita ada yang menikah pasti doa standarnya adalah "Semoga menjadi pasangan yang Sakinah, Mawadah dan Rahmah yaaa..."

Namun tahukah kamu apa pengertian dari 3 kata tersebut, Sakinah Mawadah dan Rahmah? Hayooo..jangan hanya mendoakan saja namun ada baiknya mengetahui daan meresapi maknanya.

Sekarang, apa itu Sakinah?

Sakinah adalah ketika kita mengetahui kekurangan dari pasangan kita, namun kita menjaga lidah kita untuk tidak mencelanya.

Mawadah, apa itu Mawadah?

Mawadah adalah ketika kita mengetahui kekurangan pasangan namun tidak menutup sebelah mata, namun membuka mata sebelah lagi untuk berfokus pada kelebihannya, bukan kekurangannya.

Rahmah, apa itu Rahmah?

Rahmah adalah ketika kita menjadikan kekurangan pasangan bukan sebagai halangan dan masalah dalam keluarga namun justru bisa menjadikan hal tersebut sebagai ladang amal untuk kita.

Ketika kita mengetahui bahwa pasangan kita memiliki sifat buruk, maka hadapi dengan baik. Sampai kapan kita tidak dapat memaksakan oraag lain untuk berubah jika ia sendiri tidak mau berubah. Maka tunjukan sikap dewasa menerima dan memberi contoh yang baik. Setiap manusia yang hidup pasti memiliki kekurangan, maka diciptakanlah pasangan untuk melengkapi dan memperbaiki. Dengan memberi contoh yang baik, bahkan bisa menjadikan kekurangan pasangan menjadi amal baik untuk kita. Insya Allah.

No comments:

Post a Comment