Tuesday, August 18, 2015

Wisata Pantai Sadranan, Yogyakarta



Liburan kemerdekaan Indonesia yang ke-70 saya manfaatkan bersama dengan keluarga untuk wisata ke Yogyakarta. Rencananya kami akan singgah ke beberapa tempat sanak saudara untuk bersilaturahim, disisipkan jalan-jalan tentunya. Saya dan suami berniat untuk ke pantai selatan daerah Wonosari untuk tujuan wisata kami. Searching berhari-hari galau tidak bisa menentukan pilihan. Sebenarnya banyak pantai berjejer sepanjang garis pantai selatan pulau Jawa area Wonosari, namun kami masih belum yakin mau kemana :D Sampai akhirnya hasil dari googling semalaman, saya memutuskan untuk ke pantai Sadranan.

Baru pertama kali mendengar nama pantai ini? Jangan khawatir dibilang kuper, saya pun demikian. Belum pernah mendengar nama pantai ini sebelumnya. Biasanya wisata pantai Yogyakarta identik dengan pantai Parangtritis, Baron, Sundak, Krakal, dan lain sebanyaknya yang sudah sangat mainstream. Saya tidak mau memilih destinasi tersebut dan ingin mencoba pantai Sadranan. Toh lokasinya juga berdekatan dengan area wisata pantai yang lain. Jarak tempuh dari Yogyakarta menuju pantai ini sekitar 1.5 jam sampai 2 jam tergantung situasi jalan raya. Saya memilih melewati jalur alternatif ketimbang melewati jalur utama Wonosari yang terkenal dengan macetnya. Dengan lewat jalur alternatif Imogiri dan sekitarnya lebih menghemat tenaga dan waktu perjalanan.

Pantai Sadranan terletak di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Usut punya usut, pantai ini memang belum banyak diketahui oleh wisatawan dan baru dibuka beberapa tahun yang lalu. Baru-baru ini sekitar bulan Juni 2015 terdapat musibah runtuhnya tebing pantai Sadranan yang mengakibatkan korban jiwa. Namun tidak mengurangi minat wisatawan untuk tetap mendatangi pantai yang sensasional ini. Pantai ini terletak di garis pantai selatan Jawa yang sudah sangat terkenal dengan ombak yang cukup tinggi. Namun jangan khawatir, bermain dan berwisata yang aman dekat dengan pesisir pantai, tidak perlu sampai berenang jauh.

Dari segi kebersihan, pantai ini cukup tergolong bersih, tekstur butiran pasir putih yang terhampar tanpa sampah membuat pantai ini makin terlihat cantik. Gradasi air pantai dari bibir pantai pun memesona mulai dari jernih, hijau toska hingga biru laut. Sensasi dinginnya air membuat kami makin semangat bermain walaupun hari sudah terik oleh panas matahari. Pantai ini menyediakan saung/gubug untuk bersantai ria. Kamu bisa meletakan barang bawaan kamu dan pergi bermain air dengan tenang, namun jangan lupa ada yang gantian stay menunggu barang bawaan di gubug yaa supaya tidak ada yang hilang. Kamar mandi untuk bilas air pantai pun cukup banyak dan airnya bersih. Pantai Sadranan juga menyediakan penginapan bagi wisatawan yang ingin menginap dan jika kamu ingin snorkeling di pantai, kamu bisa menyewa peralatan snorkeling di pinggir pantai dengan harga sewa yang cukup terjangkau.

Puas bermain di pantai Sadranan, tak lupa untuk merekomendasikan pantai ini ke pembaca sekalian agar ikut merasakan sensasi keindangan pantai Sadranan, Yogyakarta, Indonesia :)




No comments:

Post a Comment