Wednesday, August 13, 2014

Check in Penerbangan Internasional

Jika kamu akan bepergian ke luar negeri atau penerbangan internasional, tentunya akan jauh lebih banyak persiapan ketimbang penerbangan domestik. Salah satunya adalah ketika di bandara dan menunggu keberangkatan.

Jika telah tiba waktunya hari kamu berangkat untuk penerbangan internasional, maka perhatikan tiket pesawat kamu, lihat jadwal penerbangan terutama boarding  dan take off. Jika untuk penerbangan domestik kamu disarankan untuk sampai bandara 1 jam sebelum take off, maka untuk penerbangan internasional kamu disarankan untuk tiba di bandara 2 jam sebelum take off. 

Untuk maskapai Air Asia dan Tiger Airways penerbangan baik domestik maupun internasional ada di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta. Perjalan ke Soekarno Hatta bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi, taxi, atau bus Damri (Pasar Minggu, Blok M, Lebak Bulus, dll) dengan harga 30.000. Terminal 3 berada di paling depan bandara, biasanya akan diturunkan pertama oleh Bus Damri. Silahkan kamu turun dan cari pintu masuk Keberangkatan (Depature). Tunjukkan bukti pemesanan tiket kamu di pintu masuk bandara kepada petugas, akan lebih baik jika bukti pemesanan dalam bentuk hardcopy atau print.  Masuklah ke dalam dan scan barang bawaan kamu di pintu masuk. Jangan lupa untuk memisahkan HP, barang elektronik, maupun barang yang mengandung logam seperti jam tangan dan ikat pinggang. Jika menggunakan jaket maka lepaskan jaket. Masuk dan berjalanlah ke tempat antrian check in. Perhatikan petunjuknya, carilah maskapai penerbangan Internasional.

Untuk Air Asia tersedia fasilitas Online Check in yang terdapat di Website. Ada pula fasilitas self check in yakni berupa mesin yang berjejer di pintu masuk dala. bagian dalam tempat check in. Caranya sangat mudah, kamu tinggal input kode booking penerbangan kamu, dan pilih siapa saja penumpang yang akan kamu check in. Kamu juga bisa melakukan check in untuk penerbangan pulang sekaligus, sehingga pada saat kamu pulang nanti tidak terburu-buru untuk mengejar waktu check in dan lama mengantri. Mesin akan mengeluarkan kertas boarding pass. Simpan baik-baik, jangan sampai hilang, terutama boarding pass untuk penerbangan pulang. Jika kamu membawa barang bawaan yang akan diletakkan di bagasi, maka kamu harus check in di tempat check in biasa. Tiger Airways belum memiliki fasilitas self check in sehingga kamu juga memerlukan untuk mengantri.

Apa yang dibutuhkan ketika antri untuk check in. Persiapkan passpor dan bukti booking tiket pesawat yang sudab di print. Petugas akan melakukan pengecekan data. Siapkan juga uang pajak bandara sebesar 150.000 rupiah yang akan dibayarkan di konter check in pada saat yang sama. Jika kamu mau, kamu bisa request kepada petugas untuk duduk di posisi pinggir pesawat dekat jendela dan sayap pesawat. Duduk di posisi dekat jendela akan memberikan sensasi berbeda dan bisa melihat pemandangan secara leluasa. Sedangkan posisi dekat dengan sayap pesawat adalah posisi dengan tingkat turbulensi terkecil. Setelah petugas selesai cek, maka kamu akan mendapatkan kertas boarding pass. Jangan lupa untuk mengambil kembali paspor atau KTP (jika diperlukan) dari petugas. Pastikan tidak ada barang yang tertinggal.

Berjalanlah ke sisi sebelah kiri antrian check in, masuk melalui pintu buka tutup otomatis. Naiklah ke lantai atas. Lokasi boarding room untuk maskapai Air Asia dan Tiger Airways baik Domestik maupun Internasional berada di sana. Baca isi kertas boarding pass kamu, di sana tertulis Boarding Gate Open yakni kapan waktunya boarding room dibuka, Boarding Time yakni kapan waktunya kamu meninggalkan Boarding Room dan bersiap ke pesawat, Take Off atau waktunya kamu lepas landas, serta Waiting Gate yakni tempat kamu menunggu di Boarding Room. 

Di lantai ini kamu akan berhadapan dengan petugas imigrasi. Ini adalah batas kamu akan keluar dari negeri ini. Posisi Imigrasi untuk Air Asia ada di paling kiri. Siapkan dokumen kamu yang berupa paspor dan boarding pass. Antrilah sesuai jalur dan ketika akan sampai urutan kamu, berdirilah di belakang garis. Penumpang akan maju satu per satu untuk menghadap petugas imigrasi. Bukan rombongan ya, apalagi minta temenin berduaan. Sendiri-sendiri, cyiiiin! Tunjukan paspor dan boarding pass kamu, pandangan wajah ke depan, lihat muka petugas imigrasinya dan senyumin aja kalo berani, hehehe. Biasanya petugas akan menanyakan ada keperluan apa pergi ke luar negeri, berapa hari, atau basa basi lain. Tanggapi dengan elegan dan senyum. Petugas akan memberi stempel keluar Bandara Internasional Soekarno Hatta di paspor kamu. Jangan banyak basa basi dengan petugas, apalagi sampai minta nomer HP, jangan. Kamu akan memghambar antrian di belakang kamu. Silakan kamu berjalan masuk ke petugas selanjutnya yakni pemeriksaan dokumen boarding pass. 

Setelah itu, kamu akan melewati mesin scanning selanjutnya. Jika kamu membawa air mineral atau barang cair lain dengan ukuran lebih dari 100ml maka siap-siap harus merelakannya hilang. Mesin scan ini akan mendeteksi cairan. Jika kamu membawa botol minumal berisi air, mau diletakkan di paling bawah koper sekalipun pasti akan ketauan. Saya sarankan untuk membawa botol kosong saja, isi ketika nanti sampai di lokasi tujuan. Jangan membawa parfum dala. jumlah banyak karena akan disita petugas. Setelah semua oke, maka duduk manis di boarding room. Di sana banyak colokan listrik, bisa kamu manfaatkan untuk cas hp. Toilet berada di ujung ruangan, bersebelahan dengan musholla. 

Jika waktunya sudah tiba, dengarkan notifikasi dari pengeras suara. Apabila sudah masuk boarding time, maka kamu tinggal mengikuti arahan petugas untuk antri. Petugas akan memeriksa kembali maskapai penerbangan, tujuan penerbangan, dan nomor kursi. Setelah itu, gunakan eskalator turun. Dan keluar dari ruangan sudah menunggu Bus Air Asia yang akan mengantar kamu menuju pesawat. Naiklah ke dalam pesawat dan jangan lupa berdoa ya :) Demikian sekilas tentang check in bagaimana Cara Check In di Bandara Terminal 3 Air Asia dan Tiger Airways, semoga membantu ;)

2 comments:

  1. Halo mbak saya mau tanya,
    -> saya kan beli tiket promo air asia, nah kan saya beli tiket dulu 3 bulan kemudian saya buat passport,

    Itu untuk no passportnya apa perlu di masukin di tiketnya atau cukup dibawah aja ketika check in nanti?

    Boleh minta no wasap atau email ke email saya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air Asia memang tdk perlu punya paspor dulu untuk pembelian, jd wlpn blm pnya paspor bisa beli tiket. Berbeda dengan beberapa maskapai lain yg harus input nomor paspor untuk pembelian tiket penerbangan internasional.

      Kalau sudah punya paspor, nanti ketika berangkat bawa paspornya dan itinerary (tiket pesawat yg di print) untuk check in. Nomor paspor tdk perlu masuk ke tiket kok.

      Further info bisa ke nonihalimi25@gmail.com

      Semoga membantu.

      Delete