Wednesday, July 6, 2016

Belanja Online

Zaman makin canggih, bahkan untuk belanja saja cukup ambil handphone. Kalau jaman dulu, mau belanja atau beli barang mesti ke luar rumah, entah itu ke pasar atau Mall. Saat ini, semua bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun dengan gadget kita. Belanja dengan gadget maupun komputer biasa disebut dengan belanja online atau online shopping. Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak situs yang bergerak di bidang e-commerce yang dapat dijadikan sarana berbelanja online. 

Sebut saja Lazada dengan tagline Effortless shopping, belanja itu ga ribet alias mudah. Tinggal buka situsnya bahkan bisa aplikasinya bisa di download di gadget, cari-cari barang, pembayaran dan tunggu pesanan diantar. Mudah bukan? Lazada sendiri kebanyakn free ongkir, jadi hemat banget kalau nemu yang murah. Saya pertama kali belanja online ya melalui Lazada ini. Situs ini banyak juga kupon diskon, pembayaran bisa melalui transfer, e banking sampai pembayaran melalui kartu kredit. Namun seringnya harga di Lazada super di luar ekspektasi. Misal sebuah barang seharga 1juta, diskon 90%, hingga total akhir harga barang 100.000. Nah barang tersebut adalah sebuah dompet dengan brand yang biasa saja, dan kalau dipikir-pikir memang harga aslinya pantas 100ribuan. Jadi diskon di atas sebagai pamanis saja. Namun demikian banyak juga harga yang beneran murah, sering-sering pantau harga saja dengan pembanding yang lain. Langganan saya beli di Lazada apalagi kalau bukan pampers Umar hehehe, lumayan banget diskonnya 😆

Tokopedia, yang katanya kalau kita butuh barang apa pun bisa cari di sana. Tapi memang benar, rasanya nyari apa pun keywordnya, ada aja yang jualan. Yang saya suka dari Tokopedia, harga yang ditampilkan mendekati harga yang sebenarnya. Jadi kalau saya butuh cari info harga asli barang tersebut berapa, biasanya lari cek ke Tokopedia. Tapi sayaaaang, berbeda dengan Lazada yang free ongkir, kalau Tokopedia ini ada ongkirnya. Kebayang kalau pesen barang dari berbagai toko, banyak juga ongkirnya. Sedih? Jangan dulu. Karena Tokopedia juga sering kasih promo free ongkir. Enaknya juga, pencarian di Tokopedia bisa diurutkan dari banyaknya penjualan, banyaknya diskusi, banyaknya ulasan dsb sehingga kita bisa tahu kira-kira reputasi penjualnya seperti apa. Di kolom diskusi kita bisa tanyakan ketersediaan barang yang kita mau, kalau ada, baru dipesan.

Mirip dengan Tokopedia, ada lagi akun e-commerce yakni Shopee. Pertama kali saya dikenalkan situs ini oleh rekan kantor yang belanja kebutuhan bayi. Awalnya saya jarang belanja di sini karena sering crash di iphone, namun lama-lama ada update versi baru sehingga aplikasi jarang crash seperti dulu. Apalagi sekarang shopee sedang promo free ongkir untuk jangka waktu yang cukup lama. Biasanya saya siasatin kalau mau belanja online di Instagram, tanya dulu online shop tersebut punya akun shopee tidak? Kalau punya, pesan via shopee, lumayan free ongkir, hehe.. Keunggulan shopee ini juga bisa melihat barang dengan pengurutan penjualan terbanyak dan dilengkapi fitur chat ke penjual jika berniat ingin tanya ini itu soal barang yang akan dibeli. Bukan tanya alamat rumah yeeee.. Belum lagi adanya fitur tawar, wooww kita bisa nawar loh. Kalau tawaran kita diapprove, harga yang tertera otomatis berkurang. Keren khaaaan..

Instagram, sebenarnya ini akun media sosial untuk eksis, namun berkembang pesat jadi tempat jualan. Super banyaaak banget akun yang berisi barang dagangan. Tapi jangan kecewa dulu, justru mudah mencari berbagai barang melalui instagram, cukup dengan cari hashtag yang sesuai. Isinya supeeer banyak, sabar-sabar cari yang paling cucok aja..

Aplikasi lain yang biasa saya gunakan untuk berbelanja adalah Bilna.com yang saat ini berubah menjadi Orami by Bilna. Beberapa kali saya transaksi melalui aplikasi ini, apalagi kalau ada promo voucher, potongan, dan diskon untuk produk-produk tertentu. Pernah juga ada voucher tambahan diskon 30% untuk transaksi menggunakan Kartu Kredit BNI dan BNI Syariah. Yeaaay. Orami sendiri lebih fokus pada kebutuhan bayi dan balita, super banyaaaak banget barang-barang yang berkaitan bayi balita di sini. Beberapa barang seperti Oogie Bear, Termometer, Gabag Cooler Bag, Pampers, Baju menyusui saya dapatkan di Orami by Bilna. Namun jangan terkecoh, walaupun banyak menyediakan kebutuhan bayi balita, bukan berarti tidak ada promo produk lain. Contohnya saat promo Maybelline saya pernah transaksi Nude Eyeshaddow dengan harga diskon, plus saya pernah transaksi lipstick Sari Ayu murah meriah yang super susah ditemukan di counter. Daripada muterin counter, belum tentu dapet, di Orami ada yaaa beli 😁

Elevenia, sebelas dua belas dengan Shopee sih.. Bentuknya kurang menarik dan entah kenapa saya kurang familiar dengan tampilan Elevenia. Untuk voucher yang ditawarkan Elevenia tidak begitu beragam dan gencar, namun jika beruntung bisa dapat barang dengan potongan murah. Saya pernah transaksi pembelian lipstick rire yang super booming itu, gegara mba wiwin bilang baguuus warnanya, maka saya coba, eh beneran bagus awet pula.. Promonya? Beli satu gratis satu. Yeaaay..

Situs e-commerce lainnya yang selalu saya perbandingkan jika membeli produk branded adalah Zalora dan Berrybenka. Kenapa? Karena kedua situs ini mirip dari segi produknya. Banyak brand yang sama mengisi kedua situs ini. Jadi pintar-pintar cek promo dan potongan saja, mana yang lebih murah, Zalora atau Berrybenka. Misal saya mencari Tas Les Catino, maka saya cek tas incaran saya di Zalora dengan voucher hasil akhirnya berapa, kemudia bandingkan dengan promo di Berrybenka, hehee. Dua-duanya super gak tanggung-tanggung kalau packing. Beli apa pun di service banget pakai box eksklusif. Saya pernah transaksi di Berrybenka, untuk dapat voucher potongan ternyata total belanjaan saya kurang minimal 5000. Wah nambah apa nih, feeling saya sih pasti Berrybenka ga bakal mengeluarkan produk dengan harga minim, pasti harga terendahnya 50.000. Huft kan sayang banget tambahannya banyak, padahal saya ga butuh-butuh banget. Pas saya cari, eh ternyata ada lho kuas eyeshaddow 10.000 kebetulan saya juga butuh. Ketika barang datang betapa terkejutnya saya, pesanan tambahan saya berupa sebuah kuas tadi dipacking dalam box eksklusif Berrybenka. Weeew.. Harga barang ga seberapa, dikasih box juga 😂

Situs lainnya yang pernah saya pergunakan adalah Blibli.com dan Ebay. Khusus untuk Ebay biasanya saya suka iseng cari barang-barang China yang harganya jauh lebih murah ketimbang beli di Indonesia. Suami saya pernah beli baterai iphone di Ebay, hasilnya bagusss ga kayak baterai sekali pakai buang khas China. Saya beberapa beli casing HP berbagai motif dengan harga hanya 1-2 dollar saja, sedangkan di Indonesia dengan barang yang sama seharga 2-3 kali lipat lebih mahal. Tuh, untung kan beli di Ebay. Walaupun demikian, belanja di Ebay cuma untuk orang yang sabar, karena proses pengirimannya dari luar negeri, maka sampai di tangan kita pun bisa 1 bulan sejak pembelian. Hehehe.

Super banyak situs e-commerce yang terpercaya dan mendukung belanja online kamu. Saya punya beberapa tips dan saran (based on pengalaman pribadi) :

1. Pilihlah e commerce yang aman dan terpecaya sehingga menimalisir akun online shop bodong yang tipu-tipu. Pastikan track record penjual baik, penjualan banyak dan testimoninya positif. 

2. Belanja online sesuai kebutuhan. Mentang-mentang bisa diakses kapan pun dan dimana pun, jangan jadikan belanja online sebagai hobi, cari barang yang dibutuhkan, bukan random searching sehingga muncul keinginan untuk membeli barang lainnya. Prinsipnya sama seperti belanja di Supermarket. Biasakan sebelum masuk Supermarket, tulis catatan daftar barang yang akan dibeli sehingga meminimalisir pembelian barang yang tidak perlu sehingga lapar mata. 

3. Sering-sering bandingkan harga dari satu e-commerce satu ke yang lain, pakai voucher yang disediakan, hitung, mana yang paling murah itu yang kita ambil

4. Jika tidak menguntungkan, hindari pembelanjaan dengan metode pembayaran kartu kredit. Selain ada biaya tambahan, pembayaran melalui kartu kredit suka bikin si empunya ga sadar, sama saja seperti belanja di offline store. Ini kudu diperhatikan, kalau ga ada promo ga usah dipakai yesss..

5. Pada dasarnya online shopping ini untuk memudahkan, bukan mempersulit. Maka pilih situs online shopping yang memudahkan kamu berbelanja, dan memudahkan kamu untuk membayar. 

6. Tunggu moment-moment yang kiranya bakal banjir diskon. Apa salahnya bersabar sedikit. Ketika kita punya target barang yang akan dibeli, perhatikan chart harga dalam berbagai moment, entah potongan diskon, entah event yang diadakan situs e-commerce dan lain sebagainya. Simpan barang tersebut di wishlist. Kita akan punya patokan, berapa rata-rata harga jualnya dalam berbagai event dan promosi. Ketika mencapai harga yang paling rendah / murah, bisa langsung eksekusi :)

Demikian curcooooolan panjang soal online shopping. Saya biasa belanja online ketika ditugaskan kerja di Bintaro. Rekan-rekan saya sama juga kerjaannya hobi belanja online. Sampai-sampai pesanan kami datang silih berganti diterima oleh security. Bentar-bentar ada kurir paket, dan ributlah kami "paket punya siapa tuh??" Hingga munculah ide kalau kami itu kantor cabang online shopping saking seringnya belanja online. Maklum jaman dulu hamil mager keluar belanja. Hehhee. Happy Shopping 😍

No comments:

Post a Comment